Proses Konstruksi Ilmu Sejati Orangtua kepada Anggota keluarga di Era Modern melalui Komunikasi Keluarga dan Analisis Teori CMM Coordinated Management of Meaning (Studi Fenomenologi pada salah satu keluarga di Desa Pucuk, Kecamatan. Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto)

Meshita, Editya and Prof. Dr. Ir. Darsono Wisadirana, S. Sos., M.Si. and Dr. Antoni, S. Sos., M.Si. (2018) Proses Konstruksi Ilmu Sejati Orangtua kepada Anggota keluarga di Era Modern melalui Komunikasi Keluarga dan Analisis Teori CMM Coordinated Management of Meaning (Studi Fenomenologi pada salah satu keluarga di Desa Pucuk, Kecamatan. Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Diskusi mengenai Proses Konstruksi Ilmu Sejati Orangtua terhadap anggota keluarga menjadi issue yang banyak diperbincangkan. Pentingnya Komunikasi diantara keduanya dalam kehidupan sehari-hari merupakan hal yang sangat diperlukan untuk menjalin kerukunan dan keintiman dalam keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai Proses Konstruksi Ilmu Sejati Orangtua kepada Anggota keluarga di Era Modern melalui Komunikasi Keluarga dan Analisis Teori CMM Coordinated Management of Meaning. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dan menggunakan pendekatan Fenomenologi untuk mendeskripsikan pengalaman mereka dalam proses konstruksi Ilmu Sejati Orangtua terhadap anggota keluarga di era modern. Penelitian ini menggunakan analisis episodik dalam Hierarki Makna yang ditampilkan oleh Teori CMM untuk menganalisis konstruksi Ilmu Sejati yang terjadi. Informan penelitian ini adalah empat anggota keluarga penganut ajaran Ilmu Sejati dan dua informan tambahan pewirid dalam ajaran Ilmu Sejati. Temuan pada penelitian ini yaitu Anggota Keluarga mendapatkan pelajaran mengenai Ilmu Sejati melalui Orangtua dengan cara mengunjungi Perguruan Ilmu Sejati, mengunjungi kerabat penganut Ilmu Sejati, menyisipkan ajaran-ajaran Ilmu Sejati melalui percakapan sehari-hari, serta melakukan diskusi ringan setiap hari. Kontribusi penelitian ini adalah Komunikasi Keluarga merupakan peran terpenting dalam proses Konstruksi Ajaran Ilmu Sejati yang dilakukan orangtua kepada anggota keluarga. Penelitian ini menghasilkan data bahwa komunikasi keluarga memiliki peranan dalam konstruksi ajaran Ilmu Sejati Orangtua (ayah) dengan anggota keluarga sehingga terjadi keterikatan dalam proses diskusi mengenai ajaran Ilmu Sejati. Saran yang diberikan peneliti yaitu perlu dilakukan penelitian sejenis pada kelompok sosial selain keluarga penganut Ilmu Sejati untuk mengetahui perkembangan aliran kebatinan di era modern saat ini dalam komunikasi keluarga.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/306.87/MES/p/2018/041900680
Uncontrolled Keywords: Ilmu Sejati, Coordinated Management of Meaning (teori CMM), Komunikasi Keluarga
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Oct 2022 06:46
Last Modified: 05 Oct 2022 06:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195351
[thumbnail of Editya Meshita.pdf] Text
Editya Meshita.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item