Hubungan Antara Dimensi Komunikasi Interpersonal Terhadap Strategi Kampanye Minuman Keras (Miras) (Studi Pada Mahasiswa Maluku Di Kota Malang)

Batlolona, Nelci and Rachmat Kriyantono, S.Sos., M.Si., Ph.D and Reza Safitri, S.Sos., M.Kom., Ph.D (2019) Hubungan Antara Dimensi Komunikasi Interpersonal Terhadap Strategi Kampanye Minuman Keras (Miras) (Studi Pada Mahasiswa Maluku Di Kota Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

inuman keras merupakan salah satu unsur yang menyusun kategori utama Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif (NAPZA dalam bahasa Indonesia singkatan). Kecanduan minuman keras dapat menyebabkan gangguan mental yang dapat merusak fungsi penalaran, penginderaan dan perilaku (Dadang, 2005). Resor Kota Malang Mabes Polri telah melakukan kampanye bertajuk “Sosialisasi Dampak, Aspek Yuridis, dan Mitigasi NAPZA”untuk mempengaruhi sikap masyarakat dan kesadaran. Komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh koordinator (mentor) pada mahasiswa Maluku yang dilakukan dengan menitikberatkan pada dimensi keterbukaan, kepositifan, empati, dukungan dan kesetaraan, telah memberikan Maluku siswa dengan pengetahuan tentang minuman keras dan juga mencegah mereka dari membangun kebiasaan dari mengkonsumsi minuman keras. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara dimensi komunikasi interpersonal dan kampanye anti-minuman keras strategi terhadap mahasiswa Maluku di Kota Malang. Jenis penelitian adalah korelasi (hubungan) studi dengan pendekatan kuantitatif. Ada dua variabel dalam hal ini penelitian, yaitu, Dimensi Komunikasi Interpersonal (X) dan Anti Minuman Keras Strategi Kampanye (Y). Besar sampel adalah 62 siswa Maluku yang bergabung di Forum Mahasiswa Maluku Bersatu (FMMB). Data diperoleh langsung dari responden dengan kuesioner. Hipotesis diuji dengan menggunakan Spearman's koefisien korelasi dibantu dengan SPSS Versi 23 for Windows. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dimensi komunikasi interpersonal memiliki pengaruh positif hubungan, tetapi dalam kategori rendah, dengan strategi kampanye anti-minuman keras menuju Mahasiswa Maluku di Kota Malang

English Abstract

Liquors are one element that make up a major category of Narcotics, Alcohol, Psychotropics and Addictive Substances (NAPZA in Indonesian abbreviation). Addiction to liquors can cause mental disorders that may corrupt reasoning, sensing and behavioral functions (Dadang, 2005). Malang City Resort Police Department has conducted a campaign titled with “Socialization of Impacts, Juridical Aspects, and Mitigation of NAPZA”to influence public attitudes and awareness. Interpersonal communication worked by coordinator (mentor) on Maluku students, which is done by focusing on dimensions of openness, positiveness, empathy, supportiveness and equality,has providedMaluku students with knowledge about liquors and also prevent them from building habits of consuming liquors. The objective of this research is to analyze the relationship between interpersonal communication dimensions and anti-liquor campaign strategies toward Maluku students in Malang City. Research type is a correlation (relationship) study with quantitative approach. There are two variables in this research, namely, Interpersonal Communication Dimensions (X) and Anti-Liquor Campaign Strategies(Y). Sample size is 62 Maluku students who join at Forum Mahasiswa Maluku Bersatu (FMMB). Data were directly obtained from respondents with questionnaire. Hypothesis was tested using Spearman’s correlation coefficient assisted with SPSS Version 23 for Windows. Result of research shows that interpersonal communication dimensions have positive relationship, but in low category, with anti-liquor campaign strategies toward Maluku students in Malang City.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/302/BAT/h/2019/042003131
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Oct 2022 04:11
Last Modified: 05 Oct 2022 04:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195344
[thumbnail of Nelci Batlolona.pdf] Text
Nelci Batlolona.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item