Prasetyani, Dwi and Prof. Dr.Khusnul Ashar,, SE., M.Sc., and Dr. Susilo,, SE., MS., (2018) Studi Perilaku Muslimah Pengusaha di Surakarta (Penerapan Nilai Islam, Pemaknaan Keberhasilan Usaha dan Kebahagiaan Keluarga). Doktor thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan penerapan nilai Islam Muslimah pengusaha dalam menjalankan aktivitas usaha (2) memahami makna keberhasilan usaha bagi Muslimah pengusaha (3) memahami makna kebahagiaan keluarga Muslimah pengusaha. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pendekatan fenomenologi digunakan untuk menggali makna di berbagai aspek dari fenomena Muslimah pengusaha yang mencakup penerapan nilai Islam, keberhasilan usaha dan kebahagiaan keluarga. Temuan penelitian ini menunjukkan (1) Muslimah pengusaha di Surakarta dalam mengimplementasikan nilai Islam pada kegiatan usahanya dapat dilihat dari 3 aspek, yakni aspek pengelolaan usaha, pengelolaan karyawan, dan pengelolaan keuangan. Seiring dengan tingginya tingkat pemahaman terhadap nilai Islam maka terdapat perubahan cara pandang yang membentuk pola mereka dalam berkegiatan di ketiga aspek tersebut. Transformasi juga terjadi pada perilaku Muslimah pengusaha yang terkait penerapan nilai Islam dalam menjalankan usahanya. (2) Muslimah pengusaha memaknai keberhasilan usaha dalam aspek ekonomi yaitu mewujudkan keberlanjutan usaha, melalui maksimalisasi potensi usaha yang dimiliki dan pertumbuhan aset. Kemudian, pemenuhan aspek spiritual juga menjadi pencapaian Muslimah pengusaha dalam menjalankan bisnisnya yang terdiri dari tidak adanya kekhawatiran, mewujudkan maslahah, serta keseimbangan dalam keluarga dan aktivitas usahanya. Orientasi Muslimah pengusaha juga tidak semata-mata bertujuan untuk keuntungan, tetapi juga menciptakan manfaat sosial. Pemaknaan tersebut melalui transformasi yang disebabkan oleh pengalaman pribadi, keterbukaan diri, lingkungan baik internal maupun eksternal dan akses informasi dari Muslimah pengusaha. (3) Kebahagiaan Muslimah pengusaha dimaknai dengan tidak adanya rasa khawatir, selalu berbuat baik, dan keluarga hamonis. Terdapat juga keterkaitan antara capaian bagi usaha, keluarga dan tujuan hidup dalam pemaknaan kebahagiaan Muslimah pengusaha. Nilai Islam berdampak pada penciptaan cara pandang dan pemaknaan atas kebahagiaan keluarganya.
English Abstract
This study aims to (1) explain the application of Islamic values by Muslimah entrepreneurs in carrying out their business activities, (2) understand the definition of business success for Muslimah entrepreneurs. The qualitative research uses a phenomenological approach, which is used to explore the meaning of various aspects of the phenomenon of Muslimah entrepreneurs, which includes Islamic values application, business success, and family happiness. This study finds that (1) Muslimah entrepreneurs in Surakarta apply Islamic values in their business activities in 3 aspects, namely business management, employee management, and financial management. Increased understanding on Islamic values changes their perspective, so that activity patterns in all three aspect are formed. Behavioral transformation related to the application of Islamic values in their business also occurs. Furthermore, (2) Muslimah entrepreneurs define business success in economic aspect, that is business continuity through business potential maximization and asset growth. The fulfillment of spiritual aspect, which consist of the absence of worries, the realization of maslahah, and the balance between family and business, is also an achievement for Muslimah entrepreneurs. Their orientation is not only profit but also social benefits. The definition is obtained through transformation caused by their personal experience, self-disclosure, internal and external environment, and information access. Finally, (3) happiness is defined as the absence of worries, good deeds, and harmonious family life. The link between business, family and life objective achievements in defining happiness by Muslimah entrepreneurs is also found. Islamic values affect their way in seeing and defining the happiness of their family.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Identification Number: | DES/338.040 92/PRA/s/2018/061809787 |
Uncontrolled Keywords: | Muslimah Pengusaha, Nilai Islam, Transformasi, Manfaat Sosial,Muslimah Entrepreneurs, Islamic Values, Transformation, Social Benefit |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.040 92 Production, Industrial Economics (Entrepreneurship) |
Divisions: | S2/S3 > Doktor Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 04 Oct 2022 06:53 |
Last Modified: | 04 Oct 2022 06:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195315 |
![]() |
Text
Dwi Prasetyani.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |