Pelaksanaan Perlindungan Hukum Bagi Kreditor Dari Kerugian Akibat Perubahan Jaminan Fidusia Berupa Barang Persediaan (Studi Di Pt Bank Mandiri (Persero) Tbk)

Yudistira, Panji and Dr. Siti Hamidah, S.H., M.M., and Dr. Budi Santoso, S.H., L.LM. (2018) Pelaksanaan Perlindungan Hukum Bagi Kreditor Dari Kerugian Akibat Perubahan Jaminan Fidusia Berupa Barang Persediaan (Studi Di Pt Bank Mandiri (Persero) Tbk). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penulis mengangkat permasalahan tentang Pelaksanaan Perlindungan Hukum Bagi Kreditor Dari Kerugian Akibat Perubahan Jaminan Fidusia Berupa Barang Persediaan. Jaminan fidusia yang dimaksud adalah jaminan berupa stock dan piutang. Dalam hal memberikan Kredit Modal Kerja, Bank mewajibkan Debitor untuk menyerahkan jaminan berupa stock dan piutang. Timbul suatu resiko kerugian jika stock dan piutang tersebut mengalami perubahan. Hal ini yang mendasari Penulis untuk menganalisa potensi kerugian yang akan dialami oleh Kreditor jika akan melaksanakan eksekusi jaminan berupa stock dan piutang. Dalam penelitian ini, Penulis merumuskan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana upaya Kreditor untuk mencegah terjadinya kerugian akibat perubahan Jaminan Fidusia berupa barang persediaan? 2. Apa saja hambatan dalam hal upaya perlindungan hukum dari kerugian akibat perubahan Jaminan Fidusia barang persediaan? Dalam penulisan tesis ini menggunakan metode penelitian empiris. Teori yang digunakan dalam penulisan ini adalah Teori Kepastian Hukum, Teori Perlindungan Hukum, Teori Perjanjian. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan kesimpulan bahwa Kreditor dalam hal ini Commercial Banking Surabaya telah mempunyai upaya-upaya kongkret jika terdapat perubahan terhadap barang persediaan tersebut, dan terdapat hambatan yang kerap kali menghambat proses perubahan tersebut yakni beban biaya notaris untuk pembuatan akta addendum fidusia yang dibebankan kepada Debitor.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/346.077/YUD/p/2018/041812058
Subjects: 300 Social sciences > 346 Private law
Divisions: S2/S3 > Magister Kenotariatan, Fakultas Hukum
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Sep 2022 08:57
Last Modified: 29 Sep 2022 08:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195185
[thumbnail of Panji Yudistira.pdf] Text
Panji Yudistira.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item