Penerapan Analisis Jalur Untuk Mengetahui Variabel Yang Memengaruhi Loyalitas Konsumen Mie Gacoan Di Malang (Studi Pada Mahasiswa Di Malang Raya)

Junaedi, Aldi and Dr. Ir. Solimun, MS (2022) Penerapan Analisis Jalur Untuk Mengetahui Variabel Yang Memengaruhi Loyalitas Konsumen Mie Gacoan Di Malang (Studi Pada Mahasiswa Di Malang Raya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis jalur merupakan hubungan antar variabel untuk mengetahui pengaruh langsung maupun pengaruh tidak langsung dari variabel eksogen terhadap variabel endogen. Mie Gacoan merupakan salah satu bisnis yang bergerak dibidang kuliner yang didirikan sejak awal tahun 2016 dan telah membuka cabang dibeberapa kota di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan analisis jalur untuk menentukan besar pengaruh langsung dan tidak langsung loyalitas konsumen di Mie Gacoan Malang serta mengetahui variabel yang berpengaruh dominan terhadap loyalitas konsumen di Mie Gacoan Malang. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang didapatkan dari hasil pengisian kuesioner oleh 100 responden Mahasiswa di Malang Raya selaku konsumen di Mie Gacoan Malang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode accidental sampling. Berdasarkan hasil analisis jalur menunjukan bahwa nilai koefisien determinasi total sebesar 0,8357 atau 83,57% yang menjelaskan bahwa loyalitas konsumen di Mie Gacoan Malang dipengaruhi oleh kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, dan kepuasan konsumen 83,57% sedangkan sisanya 16,43 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan kedalam penelitian. Selain itu, variabel kualitas produk berpengaruh dominan terhadap variabel loyalitas konsumen dengan pengaruh total sebesar 0,4160

English Abstract

Path analysis is the relationship between variables to determine the direct and indirect effect of exogenous variables on endogenous variables. Mie Gacoan is a culinary business that was founded in early 2016 and has opened branches in several cities in Indonesia. The purpose of this study is to apply path analysis to determine the direct and indirect influence of consumer loyalty in Mie Gacoan Malang and to determine the variables that have a dominant influence on consumer loyalty in Mie Gacoan Malang. The data used in this study is primary data obtained from the results of filling out questionnaires by 100 student respondents in Malang Raya as consumers in Mie Gacoan Malang. Sampling in this study was conducted using the accidental sampling. Based on the results of path analysis shows that the total coefficient of determination is 0.8357 or 83.57% which explains that consumer loyalty in Mie Gacoan Malang is influenced by product quality, price, service quality, and customer satisfaction 83.57% while the remaining 16.43 % is explained by other variables not included in the study. In addition, the product quality variable has a dominant effect on the consumer loyalty variable with a total effect of 0.4160.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522090003
Uncontrolled Keywords: Analisis Jalur, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen, Mie Gacoan, Path Analysis, Consumer Satisfaction, Consumer Loyalty, Mie Gacoan.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics > 519.5 Statistical mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:36
Last Modified: 29 Sep 2022 03:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195138
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aldi Junaedi.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item