Anggita, Tita and Dr. Ike Wanusmawatie, S.Sos., M.AP and Ali Maskur, S.AP., M.AP., MA (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Pemerintah Desa Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Pada Pemerintah Desa Lumpatan Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Fungsi utama pemerintah adalah memberikan pelayanan, menyelenggarakan pembangunan dan menyelenggarakan pemerintahan untuk mengatur dan mengurus masyarakatnya. Pemerintahan desa memiliki fungsi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, berupa pelayanan publik, pelayanan pembangunan, dan pelayanan perlindungan yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat desa tersebut. Kualitas pelayanan yang diberikan akan berdampak pada kepuasan masyarakat. Kualitas pelayanan dapat dinilai berdasarkan lima dimensi yang mencakup bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati. Menurut Pasolong (2010) “Semakin baik kepemerintahan dan kualitas pelayanan yang diberikan, maka semakin tinggi kepercayaan masyarakat (high trust)”. Kepercayaan masyarakat akan semakin tinggi apabila masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik dan merasa terpuaskan akan pelayanan tersebut.
English Abstract
The main function of the government is to provide services, carry out development and organize government to regulate and manage the community. The village government has a function to provide services to the community, in the form of public services, development services, and protection services, which aims to improve the welfare of the village community. The quality of services provided will have an impact on public satisfaction. Service quality can be assessed based on five dimensions which include tangibles, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. According to Pasolong (2010) "The better the governance and the quality of services provided, the higher the public trust (high trust)". Public trust will be higher if the community gets good service and feels satisfied with the service.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522030117 |
Uncontrolled Keywords: | Bukti Fisik, Kehandalan, Ketanggapan, Jaminan, Empati, dan Kepuasan Masyarakat, Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, and Community Satisfaction. |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Zainul Mustofa |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 01:48 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 01:48 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195110 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Tita Anggita.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |