Alminia, Siti Fadilah Nur and Dr. Ainul Hayat, S.Pd., M.Si and Rispa Ngindana, S.AP., M.AP. (2022) Inovasi “Si-Izol” (Sistem Informasi Izin Online) Dalam Layanan Perizinan dan Non Perizinan (Studi pada Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Malang merupakan dinas yang sedang mengembangkan pelayanan perizinan yang mereka miliki. Dalam upaya mengembangkan pelayanan perizinan, Disnaker, PM- PTSP Kota Malang membuat inovasi Si-Izol pada tahun 2020. Inovasi tersebut mendapatkan respon yang sangat baik dari masyarakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kota Malang, sedangkan situsnya berada di Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Malang. Penelitian ini menggunakan sumber data primer yang diperoleh dari wawancara dengan beberapa informan, sumber data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan instrumen penelitiannya yaitu peneliti sendiri yang dibantu oleh beberapa alat penunjang seperti pedoman wawancara, buku catatan dan kamera handphone peneliti. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perubahan pada pelayanan perizinan yang menjadi lebih cepat, efektif dan efisien. Pertama, dari segi inovasi pelayanan, terdapat pembagian tim yang membuat proses perizinan menjadi lebih cepat, pemohon tidak perlu melampirkan dokumen fisik cukup dengan mengunggah dalam bentuk scan PDF. Kedua, dari segi inovasi proses, adanya perubahan mekanisme proses perizinan. Ketiga, dari segi inovasi sistem, pelayanan perizinan memanfaatkan teknologi informasi melalui sebuah website. Kelima, dari segi inovasi konseptual, berubahnya konsep dan ide dalam memberikan pelayanan perizinan dengan memanfaatkan teknologi informasi
English Abstract
Department of Manpower, Investment and One-Stop Integrated Service of Malang City is an agency that is currently developing its licensing services and making the Si-Izol innovation in 2020. The innovation received an outstanding response from the community. This study uses descriptive research with a qualitative approach in Malang City as its primary location, while the object of this thesis is in the Department of Manpower, Investment and One-Stop Service. This study uses primary and secondary data sources from interviews with several informants and documents related to the research focus. The data collection techniques used were interviews, observation, and documentation. At the same time, the research instrument was the researcher himself, using several supporting tools such as interview guides, notebooks and the researcher's handphone camera. The study results indicate changes in licensing services that become faster, more effective and efficient. First, in terms of service innovation, a division of teams makes the licensing process faster; applicants do not need to attach physical documents or upload the scanned documents in PDF. Second, in terms of process innovation, there is a change in the licensing process mechanism. Third, in terms of system innovation, licensing services utilize information technology through a website. Fifth, in terms of conceptual innovation, changing concepts and ideas in providing licensing services by utilizing information technology.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522030113 |
Uncontrolled Keywords: | Inovasi Pelayanan, Inovasi Proses, Inovasi Sistem, Inovasi Konseptual, Service Innovation, Process Innovation, System Innovation, Conceptual Innovation. |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Zainul Mustofa |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 01:20 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 01:20 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195105 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Siti Fadilah Nur Alminia.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |