Rochmawati, Shylla and Dr. Drs. Siswdidyanto, MS. and Rispa Ngindana, S.AP., M.AP. (2022) Kualitas Pelayanan Informasi Bagi Tenaga Pendidik dan Kependidikan Madrasah (Studi tentang Sistem Informasi Pendidikan dan Kependidikan Kementerian Agama Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tenaga pendidik dan kependidikan selalu memerlukan informasi terbaru terkait dunia pendidikan. SIMPATIKA merupakan wadah yang menyediakan informasi yang dibutuhkan tenaga pendidik dan kependidikan. Adanya SIMPATIKA memiliki peran sangat penting dalam memberikan layanan informasi yang dibutuhkan tenaga pendidik dan kependidikan meningkatkan kualitas serta mendapatkan haknya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis kualitas layanan informasi SIMPATIKA terhadap tenaga pendidik dan kependidikan Madrasah Kabupaten Malang, upaya yang diberikan Kementerian Agama juga Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang, serta faktor-faktor yang menghambat dan pendukung layanan informasi SIMPATIKA di Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang didapatkan yaitu data primer dan sekunder. Lokasi penelitian dilakukan di Kabupaten Malang, sedangkan situs penelitian dilakukan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang serta MA AL Ma’arif Singosari, MTsN 7 Malang, serta MI NU Asrikaton. Teknik anlisis data yang digunakan yaitu model interaktif. Teknik pengumpulan data dilakukan mengunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa kualitas layanan informasi SIMPATIKA dapat diakses secara online dengan mudah. Sasaran akurasi SIMPATIKA adalah tenaga pendidik dan kependidikan madrasah dengan informasi pendidikan yang dibutuhkan, serta layanan informasi yang sangat efektif. SIMPATIKA memiliki nilai guna untuk memenuhi kebutuhan dan hak tenaga pendidik madrasah. Upaya Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang dan Kementerian Agama berjalan secara bersinergi. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang melakukan sosialisasi dan pelatihan, sedangkan Kementerian Agama maintenance sistem. Faktor penghambatnya yaitu keterjangkauan jaringan internet, serta tenaga pendidik kurang melek teknologi, sedangkan faktor pendukungnya yaitu sosialisasi, pelatihan, keaktifan lembaga dan maintenance SIMPATIKA.
English Abstract
The eduction staff need the latest news about education. SIMPATIKA is a place that provides information needed teacher and education staff. SIMPATIKA has an important role in providing information services needed by education staff to improve their quality also get their rights. The purpose of this study to identify, describe and analyze the quality of SIMPATIKA information services for education staff of madrasah in Malang Regency, the efforts from Ministry of Religion and Malang Regency Ministry of Religion, inhibiting and supporting factors of SIMPATIKA information services in Malang Regency. This study uses a descriptive type of research with a qualitative approach. Sources of data obtained are primary and secondary data. The research location in Malang Regency, while the research site at the Malang Regency Ministry of Religion also MA AL Ma'arif Singosari, MTsN7 Malang, and MI NU Asrikaton. The data analysis technique used interactive model. Data collection techniques using interview, observation and documentation methods. research result is quality of SIMPATIKA's information services easy to accessed online. Target accuracy of SIMPATIKA is education staff with required information education, very effective information services. SIMPATIKA has useful to fulfill the needs and rights of education staff. The efforts of Malang Regency Ministry of Religion and Ministry of Religion work in synergy. Malang Regency Ministry of Religion doing socialization and training, while the Ministry of Religion doing maintenance system. There are inhibiting factors, affordability of the internet network, education technology are less literate, while supporting factors are socialization, training, active institutions and SIMPATIKA maintenance.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522030112 |
Uncontrolled Keywords: | Layanan Informasi, Sistem Informasi Pendidikan Tenaga Pendidik dan Kependidikan Kementerian Agama (SIMPATIKA), Information Services, Education Information System for Educators and Education Ministry of Religion (SIMPATIKA). |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Zainul Mustofa |
Date Deposited: | 28 Sep 2022 07:38 |
Last Modified: | 28 Sep 2022 07:38 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195093 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Shylla Rochmawati.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |