Pengembangan Aplikasi Android Rekomendasi Lapangan Tenis di Malang Raya dengan GDSS dan LBS

Mauliate, Erastus (2021) Pengembangan Aplikasi Android Rekomendasi Lapangan Tenis di Malang Raya dengan GDSS dan LBS. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Olahraga tenis lapangan merupakan salah satu dari lima olahraga terpopuler di Indonesia. Tenis lapangan dapat dimainkan oleh dua orang pemain atau antara dua pasangan yang terdiri dari dua pemain. Tenis lapangan juga cukup digemari oleh para pendatang yang ada di kota Malang. Para pendatang tersebut memiliki permasalahan terkait pencarian lapangan tenis terbaik yang bisa digunakan lebih dari satu orang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi rekomendasi lapangan tenis di kota Malang berbasis Android dengan menggunakan Group Decision Support System (GDSS). Metode ini diharapkan mampu membantu pengguna dalam menentukan rekomendasi lapangan tenis berdasarkan kriteria yang ada. Pada penelitian sebelumnya, Heru Budiyanto telah melakukan hal yang serupa namun lebih menekankan kepada pendekatan rekomendasi yang ditujukan kepada setiap individu saja. Pada penelitian ini, aplikasi difokuskan kepada perhitungan rekomendasi secara berkelompok dengan menggunakan metode Technique for Order Preference by Similarity to ldeal SoIution (TOPSIS) dan BORDA dengan empat kriteria yang ada seperti harga, jarak, rating, dan jumlah lapangan. Aplikasi ini juga menerapkan metode Location Based Service (LBS) untuk memudahkan pengguna menuju lokasi lapangan yang ditandai dengan fitur penunjuk arah. Data dari setiap lapangan akan tersimpan pada Google Firebase. Aplikasi ini telah diuji berdasarkan tiga metode, yaitu pengujian black-box, pengujian validasi algoritma, dan pengujian usability. Dari ketiga pengujian tersebut, didapatkan hasil bahwa aplikasi dapat berjalan sesuai dengan fungsionalitasnya dan juga sesuai dengan perhitungan algoritma secara manual. Aplikasi ini mendapatkan skor sebesar 73,5 berdasarkan pengujian usability, yang berarti aplikasi cukup dapat diterima oleh pengguna.

English Abstract

ennis is the one of the five most popular sports in Indonesia. Tennis is played by two players or two pairs of two players. Tennis is also quite popular with newcomers in Malang. They have a problem to finding the best tennis court that can be used by more than one person. Therefore, this study aims to develop an Android-based tennis court recommendation application in Malang using the Group Decision Support System (GDSS). This method is expected to be able to assist users in determining recommendations for tennis courts based on existing criteria. Heru Budiyanto has working the same thing but more focused on the recommendation approach aimed at each individual only in previous research. In this research, the application enables a group-based recommendations using the Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) and BORDA methods with four criteria such as price, distance, rating, and number of fields. This application also implements the Location Based Service (LBS) method to aid users to reach the selected tennis court. Data from each field will be stored on Google Firebase. This application has been tested based on three methods, such as black- box testing, algorithm validation testing, and usability testing. From the three tests, the results show that the application can run according to its functionality and also according to the algorithmic calculation manually. The score of usability testing is 73,5, showing that the application is acceptable for the user.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521150008
Uncontrolled Keywords: Rekomendasi, Tenis Lapangan, GDSS, LBS, Android, TOPSIS-BORDA.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 28 Sep 2022 06:34
Last Modified: 11 Dec 2023 06:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195068
[thumbnail of ERASTUS MAULIATE.pdf] Text
ERASTUS MAULIATE.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item