Qotrunnada, Nisrina and Hery Toiba,, SP., MP., Ph.D and Fitrotul Laili,, SP., MP (2020) Pengaruh Pengetahuan Lingkungan Dan Transendensi Diri Terhadap Minat Beli Produk Hijau Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Kampus Ii Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Peningkatan minat beli konsumen terhadap produk hijau terlihat dari meningkatnya jumlah individu yang relah membayar lebih untuk produk ini ( (Maguire et al., 2004). Semakin tinggi kesadaran lingkungan yang dimiliki konsumen maka niat pembelian mereka terhadap produk ramah lingkungan akan semakin meningkat (Paramita dan Yasa 2015). Disamping sebagai pemuasan kebutuhan pribadi pada konsumen tetap menjadi pusat dari studi perilaku konsumen, pelestarian lingkungan juga menjadi perhatian utama karena ternyata perilaku konsumen juga memiliki keterkaitan dengan keberlanjutan, keseimbangan ekologis, ekonomi, dan manusia (de Moura, 2012). Masalah lingkungan hidup semakin banyak dan penting untuk segera dicari solusinya. Ini dibuktikan dengan semakin banyaknya diskusi publik tentang lingkungan hidup, tidak terkecuali di Kota Kediri. Generasi muda atau mahasiswa tidak luput dari pemaparan permasalahan ini, mereka merubah perilaku konsumsi mereka sebagai salah satu bentuk kepedulian mereka terhadap lingkungannya, mereka merupakan target yang tepat dalam mempromosikan perilaku konsumsi hijau (Vantamay, 2018). Kebebasan dalam memilih produk yang melekat pada konsumsi mahasiswa merupakan hal penting untuk diperhatikan sebagai solusi dari permasalah lingkungan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh pengetahuan lingkungan terhadap minat beli produk hijau dan (2) menganalisis pengaruh transendensi diri terhadap minat beli produk hijau yang dilaksanakan di area Universitas Brawijaya Kampus II Kediri pada bulan Juni 2020 hingga Juli 2020. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, rumus Taro Yamane digunakan untuk menentukan jumlah sampel dan rumus Parel untuk menghitung jumah sampel dari setiap kelompok mahasiswa Universitas Brawijaya Kampus II angkatan 2016 hingga angkatan 2019. Analisis yang digunakan dalam studi ini yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis SEM-PLS (Structural Equation Model-Partial Least Square). Pengetahuan lingkungan ditemukan tidak dapat mempengaruhi minat beli produk hijau pada mahasiswa Universitas Brawijaya Kampus II dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,09. Transendensi diri ditemukan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli mahasiswa Universitas Brawijaya Kampus II Kediri dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,45. Hasil penelitian ini memberikan saran kepada produsen agar dapat mendesain produk yang didalamnya terdapat nilai-nilai transendensi dan menampilkan permasalah lingkungan dalam iklan yang digunakan sebagai upaya meningkatkan pengetahuan lingkungan pasa konsumen. Pemangku kebijakan dapat mengadakan kegiatan yang dapat meningkatkan kesadaran masayarakat terhadap permasalahan lingkungan dengan mengikutsertakan masyarakat secara langsung di dalam kegiatannya
English Abstract
The increase in consumer buying interest in green products can be seen from the increasing number of individuals who have paid more for this product (Maguire et al., 2004). The higher the environmental awareness that consumers have, the more their purchase intention of environmentally friendly products will increase (Paramita and Yasa 2015). Besides satisfying the personal needs of consumers, it remains the center of the study of consumer behavior, environmental preservation is also a major concern because it turns out that consumer behavior is also related to sustainability, ecological balance, economy, and humans (de Moura et al., 2012). There are more and more environmental problems nowadays and it is important to find a solution immediately. This is evidenced by the increasing number of public discussions about the environment, including in Kediri. The younger generation or students do not escape the exposure of this problem, they change their consumption behavior as a form of their concern for their environment. The younger generation also reflects consumers who have the freedom to choose products and are the right targets in promoting green consumption behavior (Vantamay, 2018). The freedom to choose products that are inherent in student consumption is an important thing to consider as a solution to existing environmental problems. This study aims to (1) analyze the effect of environmental knowledge towards purchase intention in green products and (2) analyze the effect of self- transcendence towards purchase intention in green products which will be carried out in the area of 2nd Campus of Brawijaya University from June 2020 to July 2020. Determination of samples in this research uses cluster random sampling technique, the Taro Yamane formula is used to determine the number of samples and the Parel formula is used to calculate the sample size of each group of students from 2nd Campus of Brawijaya University batch 2016 to batch 2019. The analysis used in this study is statistic descriptive analysis and SEM-PLS analysis (Structural Equation Model-Partial Least Square). Environmental knowledge was found can not influence the purchase intention on green products in students of 2nd Campus of Brawijaya University with a path coefficient value of 0.09. Self-transcendence was found to have a positive and significant effect on the purchase intention of students at 2nd Campuus of Brawijaya University with a path coefficient value of 0.45. The results of this study provide suggestions for producers to be able to design products in which there are transcendent values and display environmental problems in advertisements that are used as an effort to increase consumer environmental knowledge. Policymakers can organize activities that can increase public awareness of environmental problems by involving the community directly in their activities.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520040023 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 28 Sep 2022 03:01 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 03:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195059 |
Text
-NISRINA QOTRUNNADA.pdf Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |