Analisis Komunikasi Pemasaran Pada Penjualan Produk UMKM di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Apparel & Clothing Little Mates Indonesia).

Salsabila, Salma and Dr. Drs. Edy Yulianto, MP. (2022) Analisis Komunikasi Pemasaran Pada Penjualan Produk UMKM di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Apparel & Clothing Little Mates Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Apparel & Clothing Little Mates Indonesia merupakan salah satu UMKM yang turut merasakan dampak dari pandemi Covid-19 yaitu penjualan yang tidak stabil. UMKM dituntut agar dapat mengkomunikasikan produk atau jasanya kepada konsumen dengan menyusun strategi komunikasi pemasaran guna meningkatkan penjualan serta mempertahankan usahanya di masa pandemi. Komunikasi pemasaran juga dibutuhkan UMKM di tengah masa pandemi ini untuk menganalisa peluang, memilih sasaran yang tepat, dan mengelola usaha sehingga lebih efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak pandemi terhadap penjualan produk Apparel & Clothing Little Mates Indonesia serta mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan penjualan Apparel & Clothing Little Mates Indonesia di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer yang peneliti kumpulkan langsung melalui wawancara secara luring dan observasi. Penentuan sumber data dilakukan secara purposive atau berdasarkan pertimbangan dan tujuan tertentu. Teknik analisis data dilakukan dengan mengikuti model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pandemi Covid- 19 mengakibatkan Apparel & Clothing Little Mates Indonesia mengalami penjualan yang tidak stabil karena berkurangnya daya beli, perubahan prioritas kebutuhan, serta perubahan perilaku masyarakat ketika diberlakukannya pembatasan kegiatan. Komunikasi pemasaran dapat dijadikan tools untuk membantu Apparel & Clothing Little Mates Indonesia dalam mencapai tujuan perusahaan yaitu meningkatkan penjualan. Tools dari komunikasi pemasaran yang efektif dalam meningkatkan penjualan Apparel & Clothing Little Mates Indonesia di masa pandemi antara lain periklanan, penjualan personal, dan promosi penjualan.

English Abstract

Apparel & Clothing Little Mates Indonesia is one of the MSMEs that also felt the impact of pandemic Covid-19 that is unstable sales. MSMEs are required ro be able to communicate their products or services to consumers by developing marketing communication. Marketing communication is also needed by MSMEs in the midst of this pandemic to analyze opportunities, choose the right targets, and manage the business so it runs more effectively. The purpose of this study is to describe the impact of the pandemic on the sales of Apparel & Clothing Little Mates Indonesia products and describe marketing communication strategies in increasing sales of Apparel & Clothing Little Mates Indonesia during the Covid-19 pandemic. This research is a qualitative research with a case study method. The data source used in this study is primary data that researchers collect directly through offline interviews and observations. The determination of the data source is carried out purposively or based on certain considerations and objectives. Data analysis techniques are carried out by following Miles and Huberman’s model namely data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions or verification. The results of research that has been carried out show that the Covid-19 pandemic has resulted in Apparel & Clothing Little Mates Indonesia experiencing unstable sales due to reduced purchasing power, changes in needs priorities, and changes in people’s behavior when restrictions on activities are imposed. Marketing communication can be used as a tool to help Apparel & Clothing Little Mates Indonesia in achieving the company’s goal of increasing sales. Tools from marketing communication that effective in increasing sales of Apparel & Clothing Little Mates Indonesia during the pandemi are advertising, personal sales, and sales promotion.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522030107
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, IMC, Penjualan, UMKM, Marketing Communication, IMC, Sales, MSMEs.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 28 Sep 2022 02:54
Last Modified: 28 Sep 2022 02:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195058
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Salma Salsabila.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item