Munte, Natalia and Dr.Alfi Haris Wanto, SAP., M.AP., MMG and Bayu Indra Pratama, S.I.Kom., M.A (2022) Upaya Pemerintah Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Pengaduan Melalui Sistem Aplikasi Masyarakat Bertanya Terpadu (Sambat) Online Kota Malang (Studi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Upaya peningkatan kualitas pelayanan pengaduan sangat penting untuk dilakukan pemerintah. Sistem Aplikasi Masyarakat Bertanya Terpadu (SAMBAT) online Kota Malang merupakan suatu layanan pengaduan masyarakat untuk menyampaikan keluhan, kritik ataupun saran kepada perangkat Pemerintah Kota Malang. Pelayanan pengaduan melalui SAMBAT online masih banyak dikeluhkan masyarakat Kota Malang karena respon yang diberikan atas pengaduan belum sesuai dengan harapan dari masyarakat, dimana masih terdapat pengaduan dari masyarakat yang belum mendapat respon atau tindak lanjut penanganan dari masalah yang diadukan. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengetahui dan mendeskripsikan upaya Pemerintah dalam peningkatan kualitas pelayanan pengaduan melalui Sistem Aplikasi Masyarakat Bertanya Terpadu (SAMBAT) online Kota Malang, (2) mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan kualitas pelayanan pengaduan masyarakat melalui Sistem Aplikasi Masyarakat Bertanya Terpadu (SAMBAT) online Kota Malang.
English Abstract
Efforts to improve the quality of complaint services are very important for the government to do. The Malang City Online Integrated Questioning Community Application System (SAMBAT) is a public complaint service to submit complaints, criticisms or suggestions to the Malang City Government apparatus. Complaint service through online SAMBAT is still a lot of complaints by the people of Malang City because the response given to the complaint has not been in accordance with the expectations of the community, where there are still complaints from the public who have not received a response or follow-up on the handling of the problem complained of. The objectives of this study are: ( 1) identify and describe the government's efforts to improve the quality of complaint services through the Malang City Online Integrated Questioning Community Application System (SAMBAT), (2) identify and describe the supporting and inhibiting factors in improving the quality of public complaints services through the Integrated Community Questioning Application System (SAMBAT) Malang City online.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522030094 |
Uncontrolled Keywords: | UPAYA PEMERINTAH, KUALITAS PELAYANAN, SISTEM APLIKASI MASYARAKAT BERTANYA TERPADU (SAMBAT) ONLINE, GOVERNMENT EFFORT, QUALITY OF SERVICE, ONLINE INTEGRATED COMMUNITY ASKING APPLICATION SYSTEM (SAMBAT). |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Zainul Mustofa |
Date Deposited: | 27 Sep 2022 07:19 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 08:30 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194991 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Natalia Munte.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |