Imunisasi Intranasal Protein Hemaglutinin Pili Streptococcus pneumoniae 54 KDa Menginduksi Respon Imun Mukosa Melalui Peningkatan Konsentrasi TGF-Β, IL-17 dan IL-22 (Studi Pada Tikus Wistar)

Mufida, Diana Chusna and Prof. Dr. dr. Sanarto Santoso, DTMH., SpMK (K) and Prof. Dr. dr. Sumarno, DMM, SpMK (K) and Prof. Dr. dr. Kusworini Handono, M.Kes, SpPK (2018) Imunisasi Intranasal Protein Hemaglutinin Pili Streptococcus pneumoniae 54 KDa Menginduksi Respon Imun Mukosa Melalui Peningkatan Konsentrasi TGF-Β, IL-17 dan IL-22 (Studi Pada Tikus Wistar). Doktor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pneumonia merupakan penyebab utama bagi kematian balita di seluruh dunia yaitu mencapai 18 % dan penyebab kedua kematian balita di Indonesia. Patogen penyebab pneumonia pada balita yang paling banyak adalah Streptococcus pneumoniae. Salah satu upaya pencegahan terhadap Pneumococal pneumonia adalah dengan pemberian vaksin dan vaksin yang sudah digunakan saat ini adalah PPV (pneumococcal polysaccharide vaccine) dan PCV(pneumococcal polysaccharide conjugate vaccine). Kemampuan vaksin tersebut untuk memberikan proteksi terhadap infeksi S. pneumoniae terbatas pada serotipe yang terkandung di dalamnya. Kelemahan vaksin ini dapat diselesaikan dengan mengembangkan vaksin yang dapat melindungi terhadap semua serotipe S. pneumoniae, yaitu dengan menggunakan vaksin berbasis protein yang merupakan faktor virulensi dari S. pneumoniae. Salah satu faktor virulensi yang bersifat imunogen adalah protein adhesin serta enzim yang meningkatkan adhesi dan invasi ke sel epitel respirasi yang terdapat pada bagian pili bakteri. Streptococcus pneumoniae mempunyai dua jenis pili yaitu pili tipe 1 dan pili tipe 2. Pili tipe 1 lebih banyak dijumpai daripada pili tipe 2 dan disusun oleh tiga protein yaitu RrgA, RrgB dan RrgC, sedangkan pili tipe 2 disusun oleh 2 protein yaitu pit A dan pit B. Kedua pili tersebut mempunyai peranan dalam proses adhesi bakteri ke sel pejamu. Proses terjadinya infeksi didahului dengan penempelan S.pneumoniae ke epitel saluran pernapasan. Proses penempelan tersebut diperantarai oleh protein adhesin bakteri dan reseptor yang ada di sel hospes. Setelah bakteri menempel, melakukan kolonisasi, replikasi dan menginisiasi respon dari sel hospes, selanjutnya akan menyebabkan kerusakan. Kemampuan bakteri melakukan kolonisasi berhubungan dengan kemampuan melakukan hemaglutinasi. Tingginya aktivitas hemaglutinasi berhubungan erat dengan tingginya kemampuan bakteri melakukan kolonisasi. Beberapa peneletian menunjukkan bahwa protein hemaglutinin merupakan protein adhesin. Penelitian ini dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama penelitian bertujuan untuk melakukan identifikasi dan karakterisasi protein hemaglutinin pili S. pneumoniae. Untuk mengisolasi pili S. pneumoniae, bakteri dikultur pada media bifasik BHI- TCG yang diperkaya dengan 5% darah domba diinkubasi pada suhu 37oC selama 2x24 jam. Setelah dipanen, pili dipotong menggunakan bacterial pili cutter dan dilanjutkan SDS-PAGE dan uji hemaglutinasi untuk mengidentifikasi protein pili yang merupakan protein hemaglutinin. Protein hemaglutinin pili S. pneumoniae diuji imunogenitas dengan mengimunisasikan ke mencit, selanjutnya serum mencit yang mengandung antibodi dijadikan sebagai antibodi primer untuk uji westernblotting. Disamping itu protein pili 54 kDa dilakukan mass spectrometry untuk mengetahui susunan asam amino. Hasil mass spectrometry dilakukan BLASTP untuk mengetahui similaritasnya dengan S. pneumoniae strain ATCC serta diuji antigenitasnya dan epitop mapping secara insilico.

Item Type: Thesis (Doktor)
Identification Number: DIS/610.28/MUF/i/2018/061811152
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.28 Auxiliary techniques and procedures; apparatus, equipment, materials / Biomedical engineering
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Kedokteran, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Sep 2022 03:23
Last Modified: 27 Sep 2022 03:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194934
[thumbnail of Diana Chusna Mufida.pdf] Text
Diana Chusna Mufida.pdf

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item