Analisis Pengembangan Kompetensi Tenaga Pendidik Untuk Pendidikan Inklusi (Studi di MI Bilingual Al-Ikhlas Kepanjen, Kabupaten Malang)

Tyas, Indah Nurfitrianing and Dr. Drs. Mochammad Rozikin, M.AP and Abdul Qadir Muslim, S.Pd.I, M.Pd (2022) Analisis Pengembangan Kompetensi Tenaga Pendidik Untuk Pendidikan Inklusi (Studi di MI Bilingual Al-Ikhlas Kepanjen, Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan inklusif merupakan sebuah sistem pendidikan yang mengakomodir kebutuhan belajar bagi semua anak dengan berbagai karakteristik termasuk anak dengan kebutuhan khusus. Pelaksanaan pendidikan inklusif juga harus mengedepankan pelayanan yang berkualitas, dengan pembelajaran dan pelayanan yang sesuai dengan karkteristik dan kebutuhan semua anak yang ada di dalamnya. Guru memiliki peran central dalam implementasi pendidikan inklusif yang menjadi garda terdepan sebagai pihak yang melaksanakan pembelajaran di kelas. Mereka juga membelajarkan siswa berkebutuhan khusus, dan siswa yang memiliki keistimewaan potensi di dalam dirinya. Peran guru semakin strategis dalam mengelola keragaman yang ada di dalam kelas. Untuk dapat melaksanakan tugas-tugas dengan baik, guru dituntut memiliki empat kompetensi wajib yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional untuk meningkatkan kinerja dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendiskripsikan dan menganalisis pengembangan kompetensi tenaga pendidik pada pendidikan inklusi MI Bilingual Al-Ikhlas Kepanjen Malang serta untuk mengetahui, mengidentifikasi dan mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan kompetensi tenaga pendidik pada pendidikan inklusi di MI Bilingual Al-Ikhlas Kepanjen Kabupaten Malang.

English Abstract

Inclusive education is an education system that accommodates the learning needs of all children with various characteristics, including children with special needs. The implementation of inclusive education must also prioritize quality services, with learning and services that are in accordance with the characteristics and needs of all children in it. Teachers have a central role in the implementation of inclusive education who are at the forefront as those who carry out classroom learning. They also teach students with special needs, and students who have special potential within themselves. The teacher's role is increasingly strategic in managing the diversity in the classroom. To be able to carry out tasks properly, teachers are required to have four mandatory competencies, namely pedagogic competence, personality competence, social competence and professional competence to improve performance in learning. This study aims to determine, describe and analyze the competency development of educators in inclusive vi education at MI Bilingual Al-Ikhlas Kepanjen Malang and to identify, identify and describe the supporting and inhibiting factors in developing the competence of educators in inclusive education at MI Bilingual Al-Ikhlas Kepanjen Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522030078
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kompetensi, Tenaga Pendidik, Pendidikan Inklusi, Competency Development, Educators, Inclusive Education.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 27 Sep 2022 01:16
Last Modified: 27 Sep 2022 01:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194894
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Indah Nurfitrianing Tyas.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item