Perdana, Jerry Deska and Hanifah Muslimah Az-Zahra, S.Sn., M.Ds. and Aditya Rachmadi, S.ST., M.TI. (2020) Evaluasi Dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Menggunakan Metode Usability Testing Dan Human-Centered Design (Studi Kasus: DPAD Malang Mobile Library). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang merupakan perpustakaan daerah yang berada di Kota Malang. Perpustakaan sudah memiliki aplikasi sendiri yang langsung terintegrasi dengan perpustakaan dengan nama DPAD Malang Mobile Library. Pada saat penggunaan aplikasi DPAD Malang Mobile Library, pengguna aplikasi mengalami berbagai permasalahan dalam menggunakan aplikasi tersebut. Salah satu contoh, apabila pengguna menekan tombol kembali di telefon genggam maka aplikasi tersebut akan ditutup. Selain itu, peneliti sudah melakukan penelitian awal menggunakan metode UEQ kepada 20 anggota perpustakaan. Penelitian tersebut menghasilkan nilai “Bad” terhadap seluruh skala UEQ kecuali skala Kejelasan dengan nilai “Below Average”. Kemudian, pihak perpustakaan masih belum mengunggah aplikasi ke Google Play karena perlu dilakukan penyempurnaan aplikasi dari sisi desain antarmuka. Apabila aplikasi di unggah tanpa menyempurnakan desainnya maka akan menimbulkan pengalaman negatif pada pengguna. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu dilakukan evaluasi dan perbaikan terhadap aplikasi menggunakan pendekatan Human-Centered Design (HCD) dan evaluasi menggunakan Usability Testing. Tahapan dalam penelitian ini diantaranya menentukan konteks penggunaan melalui observasi dan wawancara, melakukan evaluasi awal dengan metode Usability Testing dan menspesifikasikan persyaratan pengguna, membuat solusi desain dengan menggunakan panduan Material Design, melakukan evaluasi terhadap solusi desain dengan metode Usability Testing, dan memperbaiki solusi desain dengan menggunakan panduan Material Design.
English Abstract
Malang Library is a regional library in Malang City. It already has its own application that is integrated with the physical library named DPAD Malang Mobile Library. When using the application, user has some problems. One example, when user press the back button on their smartphone, the application close itself instead of going back to previous page. Writer also did preliminary evaluation using UEQ method to 20 library members. Result shows that DPAD Malang Mobile Library has a “bad” score on all scale of UEQ except for perpicuity with a “below average” score. Also, Malang Library still have not upload the application to Google Play because they want to polish the application on the user interface side. If the application is uploaded without polishing the user interface, it will cause negative experience to the user. Because of that, writer did an evaluation and fixing the application using Human-Centered Design approach and Usability Testing method for evaluation. Steps on this research are understand and specify the context of use with observation and interview, preliminary evaluation using Usability Testing method and specifying the user requirements, produce design solution with Material Design Guidelines, evaluating the design using Usability Testing method, and fixing the design solution with Material Design Guidelines.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520150211 |
Uncontrolled Keywords: | antarmuka, evaluasi, human-centered design, usability testing, material design, user-interface, evaluation, human-centered design, usability testing, material design. |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 03:44 |
Last Modified: | 26 Sep 2022 03:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194822 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520150211-Jerry Deska Perdana.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |