Kinerja Organisasi Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Tana Toraja (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tana Toraja)

Kupa, Gilda Isadora and Abdullah Said, Dr., Drs., M.Si. and Erlita Cahyasari, S.AP., M.AP (2022) Kinerja Organisasi Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Tana Toraja (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tana Toraja). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kinerja organisasi adalah totalitas hasil kerja yang dicapai suatu organisasi. Tercapainya tujuan organisasi tidak bisa dilepaskan dari sumber daya yang dimiliki oleh organisasi. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tana Toraja berperan secara aktif dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat. Kinerja pegawai yang rendah akan berdampak kepada kualitas pelayanan publik yang tidak sesuai dengan harapan masyarakat. Oleh karena itu, agar memberikan pelayanan yang bermutu, instansi menuntut adanya upaya dan kinerja dari seluruh pegawai. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan model interaksi Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penilaian dalam mengukur kinerja organisasi dalam pelayanan administrasi kependudukan memerlukan indikator-indikator penilaian yang didalamnya terdapat produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas dan akuntabilitas; (2) Faktor pendukung kinerja organisasi dalam pelayanan administrasi kependudukan yaitu meningkatkan sumber daya aparatur, memaksimalkan pengadaan sarana dan prasarana, mengadakan program jemput bola dan sosialisasi serta evaluasi, sedangkan faktor penghambatnya adalah sumber daya aparatur pemerintah, kesadaran masyarakat, sarana dan prasarana.

English Abstract

The sum of an organization's activities is referred to as organizational performance. The success of organizational goals is inextricably linked to the organization's resources. Tana Toraja's Department of Population and Civil Registration is actively involved in delivering community population administration services. Employee performance that falls short of community standards will have an influence on the quality of public services. As a result, agencies expect all employees to put in their best effort and perform at a high level in order to provide quality services. This is a descriptive study with a qualitative methodology. Participatory observation, documentation, and interviews are used to obtain data. The Miles and Huberman interaction model was utilized for data analysis, which included data gathering, data condensation, data presentation, and conclusion drawing. The study's findings show that: (1) measuring organizational performance in population administration services requires assessment indicators such as productivity, service quality, responsiveness, responsibility, and accountability; (2) supporting factors of organizational performance in population administration services include increasing apparatus resources, maximizing facility and infrastructure provision, and holding ball pick-up programs.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522030072
Uncontrolled Keywords: Kinerja Organisasi, Pelayanan Publik, Administrasi Kependudukan, Organizational Performance, Public Service, Population Administration
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 26 Sep 2022 03:16
Last Modified: 26 Sep 2022 03:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194806
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Gildaisadorakupa.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item