Pengaruh Kualitas Pelayanan Aplikasi Visiting Jogja Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengguna Layanan (Studi Pada Provinsi Diy).

Rahmibillah, Gandis Arum and Muhammad Shobaruddin, Dr. Drs., MA, and Bayu Indra Pratama, S.I.Kom., M.A. (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Aplikasi Visiting Jogja Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengguna Layanan (Studi Pada Provinsi Diy). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna layanan aplikasi Visiting Jogja, (2) pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pengguna layanan aplikasi Visiting Jogja, (3) pengaruh kepuasan pengguna layanan terhadap loyalitas pengguna layanan aplikasi Visiting Jogja, dan (4) pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pengguna layanan melalui kepuasan pengguna layanan aplikasi Visiting Jogja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei dan populasi dalam penelitian ini yaitu pengguna aplikasi Visiting Jogja. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sejumlah 84 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji dan validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis jalur (path) dengan bantuan regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna layanan. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 5.644 dengan signifikansi 0.000<0.05 dan koefisien regresi nya 0.516; (2) kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap loyalitas pengguna layanan. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung 5.644, signifikansi 0.000<0.05 dan koefisien regresi 0.516; (3) kepuasan pengguna layanan berpengaruh positif terhadap loyalitas pengguna layanan. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung 4.505 dengan signifikansi 0.000<0.05 dan koefisien regresinya 0.385; dan (4) kualitas pelayanan berpengaruh secara positif terhadap loyalitas pengguna layanan melalui kepuasan pengguna layanan aplikasi Visiting Jogja. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung 171.251 > F tabel 3.94.

English Abstract

This study aims to determine (1) the effect of service quality on user satisfaction of the Visiting Jogja application, (2) the effect of service quality on the loyalty of users of the Visiting Jogja application, (3) the effect of user satisfaction on the loyalty of users of the Visiting Jogja application, and (4) the influence of service quality on the loyalty of service users through the satisfaction of users of the Visiting Jogja application service. This research is a quantitative study with survey methods and the population in this study is the Visiting Jogja application users. The sampling technique used purposive sampling with a total sample of 84 people. The power collection technique uses a questionnaire that has been tested and its validity and reliability. The data analysis technique used is path analysis with the help of simple regression. The results of this study indicate that (1) service quality has a positive effect on service user satisfaction. This is evidenced by the t-count value of 5,644 with a significance of 0.000 <0.05 and a regression coefficient of 0.516; (2) service quality has a positive effect on service user loyalty. This is evidenced by the t-count value of 5.644, significance 0.000 <0.05 and regression coefficient 0.516; (3) service user satisfaction has a positive effect on service user loyalty. This is evidenced by the value of t arithmetic 4.505 with a significance of 0.000 <0.05 and a regression coefficient of 0.385; and (4) the quality of service has a positive effect on the loyalty of service users through the satisfaction of users of the Visiting Jogja application service. This is evidenced by the calculated F value 171.251 > F table 3.94.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522030071
Uncontrolled Keywords: engaruh, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pengguna Layanan, Loyalitas Pengguna Layanan, Aplikasi Visiting Jogja, Influence, Service Quality, Service User Satisfaction, Service User Loyalty, Visiting Jogja Application.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 26 Sep 2022 03:09
Last Modified: 26 Sep 2022 03:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194803
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Gandis Arum Rahmibillah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item