Aini, Fenty Nur and Onni Meirezaldi, S. Sos., MM (2022) Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Pelayanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Pengguna (Studi Pada Pengguna BSI Mobile PT Bank Syariah Indonesia di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan teknologi sistem informasi memainkan peran penting dalam memberikan pelayanan yang baik dan keunggulan kompetitif. Suatu sistem dapat dikatakan berhasil dan berkualitas jika pemakai sistem merasa puas setelah menggunakannya. Pengukuran kualitas sistem informasi pada penelitian ini mengacu pada model kesuksesan sistem informasi DeLone dan McLean. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan (1) pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Pelayanan secara simultan terhadap Kepuasan Pengguna BSI Mobile, (2) pengaruh Kualitas Sistem terhadap Kepuasan Pengguna BSI Mobile, (3) pengaruh Kualitas Infromasi terhadap Kepuasan Pengguna BSI Mobile, (4) pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengguna BSI Mobile. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Indonesia yang menjadi pengguna aplikasi BSI Mobile di Kota Malang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 responden dengan instrumen penelitian kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling serta analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap Kepuasan Pengguna BSI Mobile, (2) Kualitas Sistem memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pengguna BSI Mobile, (3) Kualitas Informasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pengguna BSI Mobile, (4) Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pengguna BSI Mobile.
English Abstract
The development of information system technology plays an important role in providing good service and competitive advantage. A system can be said to be successful and qualified if the system user is satisfied after using it. Measurement of the quality of information systems in this study refers to the success model of DeLone and McLean's information systems. This study aims to analyze and explain (1) the influence of System Quality, Information Quality, and Service Quality simultaneously on BSI Mobile user satisfaction, (2) the influence of System Quality on BSI Mobile user satisfaction, (3) the influence of Information Quality on the goals of BSI Mobile user satisfaction, (4) the influence of Service Quality on the goals of BSI Mobile user satisfaction. The type of research used is explanatory research with a quantitative approach. The population in this study are Bank Syariah Indonesia customers who are users of the BSI Mobile application in Malang City. The sample used in this study were 116 respondents with a questionnaire research instrument. The sampling technique used is purposive sampling and the data analysis used is descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The results showed that: (1) System Quality, Information Quality and Service Quality had a simultaneous positive and significant influence on BSI Mobile User Satisfaction, (2) System Quality have a positive and significant influence on BSI Mobile User Satisfaction, (3) Information Quality have a positive and significant influence on BSI Mobile User Satisfaction, (4) Service Quality have a positive and significant influence on BSI Mobile User Satisfaction.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522030067 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pengguna, System Quality, Information Quality, Service Quality, User Satisfaction. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Zainul Mustofa |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 02:23 |
Last Modified: | 26 Sep 2022 02:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194782 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fenty Nur Aini.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |