Wahyuningtias, Intan and Ismiarta Aknuranda, S.T., M.Sc., Ph.D. and Satrio Agung Wicaksono, S.Kom., M.Kom. (2020) Pengembangan Sistem Informasi Penilaian Kinerja Guru Berbasis Web (Studi Kasus: SMP Islam Sabilurrosyad). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Sabilurrosyad Malang merupakan jenjang pendidikan dasar pada pendidikan formal yang berada dibawah Yayasan Pendidikan Islam Sabilurrosyad Kota Malang. Sekolah merupakan instansi pendidikan yang didalamnya memiliki sumber daya manusia terutama guru. Guru memiliki peranan penting di sekolah dengan tugas utama yaitu mendidik, mengajar, membimbing, dan mengarahkan siswa. Dalam peran tersebut, untuk mencapai pembelajaran yang optimal di sekolah, guru harus dapat meningkatkan kinerja dan profesionalisme. Peningkatan kinerja guru dapat dilakukan dengan upaya berupa penilaian kinerja guru (PKG). SMP Islam Sabilurrosyad belum pernah melakukan PKG. SMP Islam Sabilurrosyad juga memiliki kendala dalam menentukan gaji guru karena Kepala Sekolah tidak mengetahui kompetensi guru. Untuk itu, diperlukan PKG sebagai upaya meningkatkan kinerja dan profesionalisme guru serta sebagai pertimbangan dalam menentukan gaji guru. Selain itu, PKG diperlukan untuk menunjang akreditasi sekolah. Dinas Pendidikan juga mengharuskan setiap sekolah melaksanakan PKG. Oleh karena itu, pada penelitian ini dilakukan pengembangan sistem informasi PKG. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan alur dan komponen penilaian kinerja guru dan diimplementasikan dalam sistem informasi PKG berbasis web. Sistem informasi penilaian kinerja guru dikembangkan dengan menerapkan pendekatan iteratif dan diimplementasikan dengan menggunakan Laravel framework dan Stisla framework. Hasil dari implementasi sistem dievaluasi dengan melakukan pengujian. Hasil pengujian fungsional menggunakan metode validasi menunjukkan hasil valid pada setiap kasus uji yang artinya fungsi aplikasi telah sesuai dengan persyaratan fungsional sistem yang telah dispesifikasikan. Sedangkan hasil pengujian nonfungsional menggunakan pengujian kompatibilitas peramban menunjukkan tidak ada masalah pada delapan versi aplikasi peramban yang diujikan.
English Abstract
Sabilurrosyad Islamic Junior High School (SMP) Malang is a formal education under the auspices of Sabilurrosyad Islamic Education Foundation in Malang. A school is an educational institution with human resources e.g. teachers. Teachers play important roles in the school which are educating, teaching, guiding, and directing students. In order to have an optimal learning, teachers must be able to improve their performance and professionalism. It can be achieved through Penilaian Kinerja Guru (PKG). Sabilurrosyad Islamic Middle School has never done PKG. The School also has constraints in determining teacher salaries because the Principal does not know the teacher's competence. For this reason, PKG is needed as an effort to improve teacher performance and professionalism and as a consideration in determining teacher salaries. In addition, PKG is needed to support school accreditation. Department of Education also requires that every school implement PKG. Therefore, in this research the PKG information system was developed. This study aims to get the flow and components of teacher performance appraisal and implemented in a web-based PKG information system. Teacher performance appraisal information systems are developed by applying an iterative approach and implemented using the Laravel framework and the Stisla framework. The results of system implementation are evaluated by testing. Functional test results using the validation method show valid results in each test case, which means the application functions are in accordance with the functional requirements of the system that has been specified. While the results of nonfunctional testing using browser compatibility testing showed no problems with eight versions of the browser application.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520150203 |
Uncontrolled Keywords: | sistem informasi, sekolah, penilaian kinerja guru, iteratif, information systems, schools, teacher performance assessment, iterative. |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 02:16 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 03:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194776 |
Text
-Intan Wahyuningtias.pdf Download (8MB) |
Actions (login required)
View Item |