Implementasi Pengukuran Indeks Desa Zakat Dalam Mendukung Program Zakat Community Development (Studi Kasus:Desa Kebon Dan Desa Ngale, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi)

Cahyawati, Pradita and Dra. Marlina Ekawaty,, M.Si., Ph.D. (2020) Implementasi Pengukuran Indeks Desa Zakat Dalam Mendukung Program Zakat Community Development (Studi Kasus:Desa Kebon Dan Desa Ngale, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemiskinan dapat terjadi di perkotaan maupun pedesaan. Sebagai contohnya adalah Desa Kebon dan Desa Ngale yang ada di Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi. Desa Kebon dan Desa Ngale tergolong desa dengan tingkat kemiskinan sedang dan terdampak pembangunan jalan tol Ngawi-Solo serta rest area. Oleh karena itu, diperlukan upaya berbagai pihak untuk mengentaskan kemiskinan di Desa Kebon dan Desa Ngale. Salah satu instrumen yang dapat digunakan untuk mengentaskan kemiskinan adalah melalui adanya lembaga zakat. BAZNAS, sebagai lembaga resmi zakat memiliki salah satu misi untuk mengoptimakan secara terukur pengumpulan zakat nasional dan mengoptimalkan pendistribusian serta pendayagunaan zakat untuk mengentaskan kemiskinan, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan pemoderasian kesenjangan. Salah satu programnya adalah Zakat Community Development (ZCD) yang didistribusikan melalui pembentukan komunitas di desa yang membutuhkan. Terkait program ZCD dan pendistribusiannya, BAZNAS telah mengembangkan alat ukur yaitu Indeks Desa Zakat (IDZ) untuk mengetahui status prioritas desa dikatakan layak untuk mendapat bantuan yang dapat disinergikan dengan program ZCD BAZNAS maupun tidak. IDZ memiliki lima dimensi ukur yaitu dimensi ekonomi, dimensi pendidikan, dimensi kesehatan, dimensi sosial dan kemanusiaan, serta dimensi dakwah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Desa Kebon memiliki nilai IDZ 0,59, yang berarti dalam kondisi cukup baik, sehingga dapat dipertimbangkan untuk mendapat bantuan dana ZIS dalam mendukung program ZCD. Sementara, Desa Ngale memiliki nilai IDZ 0,70, yang berarti dalam kondisi baik, sehingga kurang diprioritaskan untuk mendapat bantuan dana ZIS dalam mendukung program ZCD.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520020134
Uncontrolled Keywords: Kemiskinan, IDZ, ZCD
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 23 Sep 2022 02:46
Last Modified: 23 Sep 2022 02:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194690
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
PRADITA CAHYAWATI (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item