Perancangan dan Evaluasi User Experience Aplikasi Mobile Pembelajaran Online di Jurusan Sistem Informasi Menggunakan Pendekatan Human-Centered Design dan TUXEL

Aisy, Farha Rihhadatul and Dr. Eng. Herman Tolle, S.T., M.T. and Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd. (2020) Perancangan dan Evaluasi User Experience Aplikasi Mobile Pembelajaran Online di Jurusan Sistem Informasi Menggunakan Pendekatan Human-Centered Design dan TUXEL. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan 4.0 merupakan proses pembelajaran dimana siswa dapat melakukan kegiatan belajar mengajar melalui video, kursus online, atau mempelajari materi pembelajaran online dengan media internet. Pendidikan 4.0 dikembangkan sebagai respon terhadap industri 4.0 yang pada saat ini menggunakan teknologi berbasis internet sebagai pilar utama penerapannya. Untuk menyikapi hal tersebut, Jurusan Sistem Informasi Universitas Brawijaya perlu merancang sebuah media pembelajaran baru bagi mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang user experience dari Aplikasi pembelajaran online berbasis mobile menggunakan pendekatan Human-Centered Design. Tahapan diawali dengan analisis konteks penggunaan, analisis kebutuhan pengguna, perancangan desain solusi, evaluasi desain, dan rekomendasi perbaikan. Evaluasi desain menggunakan TUXEL yang terdiri dari tiga dimensi penilaian, yaitu usability inspection, pedagogical inspection, dan evaluasi user experience. Sebelum melakukan pengisian kuesioner penilaian, perlu dilakukan task definition dan checklist matching sesuai dengan kategori pada TUXEL. Pada evaluasi ditemukan permasalahan usability inspection sebanyak 23 permasalahan, 15 permasalahan pada pedagogical inspection, dan pada evaluasi user experience mengindikasikan kode: (1) Membingungkan; (2) Rumit; (3) Nyaman; (4) Mendukung; (5) Efisien; (6) Praktis; (7) Inovatif; (8) Kreatif. Dapat disimpulkan bahwa Aplikasi memiliki nilai positif dalam segi user experience.

English Abstract

Education 4.0 is a learning process where students can conduct learning activities via videos, online courses, or online learning materials using the internet. Education 4.0 was developed as a response to industry 4.0 where it is currently using internet-based technology as the main pillar of its application. To respond to this, Information Systems Department from Brawijaya University needs new learning media for its students. The purpose of this study is to design the user experience of a mobile-based online learning application using Human-Centered Design approach. The stages begin with analyzing the context of use, analyzing user requirements, designing design solutions, evaluating the design, and design the improvement of the design solution. The evaluation uses TUXEL which consists of three dimensions, namely usability checking, pedagogical inspection, and user experience evaluation. Before completing the questionnaires, it is necessary to do a task definition and checklist matching according to the category on TUXEL. In the evaluation, it is found 23 usability inspection problems, 15 problems in pedagogical inspection, and the user experience evaluation indicate the codes: (1) Confusing; (2) Complicated; (3) Comfortable; (4) Supportive; (5) Efficient; (6) Practical; (7) Innovative; (8) Creative. It can be concluded that the application has a positive value in terms of user experience.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520150157
Uncontrolled Keywords: Pendidikan 4.0, user experience, Human-Centered Design, TUXEL, UBelajar, online learning, Education 4.0, user experience, Human-Centered Design, TUXEL, UBelajar, online learning
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Sep 2022 08:19
Last Modified: 25 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194654
[thumbnail of Farha Rihhadatul Aisy.pdf] Text
Farha Rihhadatul Aisy.pdf

Download (15MB)

Actions (login required)

View Item View Item