Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Aplikasi Web Daily Plan LPMI Al-Izzah Kota Batu Menggunakan Pendekatan Human Centered Design

Fachrurozi, Fahmi Nur and Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom and Welly Purnomo, S.T., M.Kom (2020) Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Aplikasi Web Daily Plan LPMI Al-Izzah Kota Batu Menggunakan Pendekatan Human Centered Design. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

LPMI Al-Izzah Kota Batu merupakan lembaga pendidikan yang didirikan pada tanggal tanggal 17 Juli 2006 dengan menerapkan nilai-nilai dasar islami yang terintegrasi dengan teknologi serta ilmu pengetahuan dengan tujuan agar santri mampu menjaga syari’at islam. Selain itu, LPMI Al-Izzah Kota Batu juga telah memiliki sebuah aplikasi web yang dapat digunakan oleh pegawai dalam merencanakan aktivitas-aktivitas harian yang disebut Daily Plan. Berdasarkan analisa dan pengujian pada desain awal, didapatkan hasil pada aspek efektivitas sebesar 71,3%, aspek efisiensi 34,25 detik, dan aspek kepuasan pengguna sebesar 41,66. Maka peneliti kemudian melakukan desain perbaikan tampilan antarmuka dengan menerapkan pendekatan Human Centered Design, metode Usability Testing dan System Usability Scale. Dari hasil evaluasi desain perbaikan tampilan yang telah dilakukan, didapatkan persentase sebesar 100% pada aspek efektivitas, 19,38 detik pada aspek efisiensi, dan 87,83 pada aspek kepuasan pengguna. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan Human Centered Design mampu menghasilkan sebuah produk atau sistem yang mampu membantu pengguna dan stakeholder dalam mencapai tujuannya.

English Abstract

LPMI Al-Izzah Batu City is an educational institution that was established on July 17, 2006 by implementing Islamic basic values that integrated with technology and science with the aim that students are able to maintain Islamic sharia. In addition, LPMI Al-Izzah of Batu city also has a web application that can be used by employees in planning daily activities called the Daily Plan. Based on the analysis and testing of the initial design, the results obtained on the aspect of effectiveness of 71.3%, 34.25 seconds efficiency aspects, and aspects of user satisfaction by 41.66. Then the researchers then did the design of improving the interface appearance by applying the Human Centered Design approach, Usability testing method and System Usability Scale. From the evaluation results of the appearance improvement design that has been done, researcher get a percentage of 100% in the aspect of effectiveness, 19.38 seconds in the aspect of efficiency, and 87.83 in the aspect of user satisfaction. From this research, it can be concluded that the Human Centered Design approach is able to produce a product or system that is able to help users and stakeholders achieve their goals.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520150155
Uncontrolled Keywords: Human Centered Design, Daily Plan, Usability Testing, System Usability Scale.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Sep 2022 07:54
Last Modified: 03 Oct 2024 04:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194650
[thumbnail of Fahmi Nur Fachrurozi.pdf] Text
Fahmi Nur Fachrurozi.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item