Motif Dan Kepuasan Pemustaka Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Situbondo Terhadap Aplikasi E-pusda Situbondo”.

Wafi, Daris Al and Wike, S.Sos., M.Si, DPA and Bayu Indra Pratama, S.I.Kom, M.A (2022) Motif Dan Kepuasan Pemustaka Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Situbondo Terhadap Aplikasi E-pusda Situbondo”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu motif dan kepuasan pemustaka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Situbondo terhadap aplikasi e-Pusda Situbondo serta hubungan keduanya. Aplikasi e-Pusda Situbondo telah dirilis sejak tahun 2018 dan diharapkan dapat memberikan kemudahan serta menambah kepuasan bagi pemustaka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Situbondo. Metode penelitian yang digunakan yakni pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti membagikan kuesioner terhadap pemustaka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Situbondo selaku responden secara daring. Hasil yang di dapat kemudian di analisis berdasarkan teori Uses and Gratification. Pada teori ini terbagi menjadi dua hal pengukuran yaitu Gratification Sought dan Gratification Obtained. Hasilnya menunjukkan bahwa motif yang paling mendasari pemustaka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Situbondo adalah pemenuhan kebutuhan informasi, sedangkan terkait kepuasan, semua indikator mandapatkan kepuasan dengan kategori tinggi. Adapun motif dan kepuasan adalah dua hal yang berhubungan. Hal ini disebabkan kepuasan yang akan didapat oleh pemustaka dipengaruhi oleh seberapa besar motif atau kebutuhan pemustaka terhadap aplikasi tersebut.

English Abstract

This research was conducted to find out the motives and satisfaction of users of the Situbondo Regency Library and Archives Service towards the Situbondo e- Pusda application and the relationship between the two. The e-Pusda Situbondo application has been released since 2018 and is expected to provide convenience and increase satisfaction for users of the Situbondo Regency Library and Archives Service. The research method used is a quantitative approach, with a descriptive type of research. Researchers distributed questionnaires to users of the Situbondo Regency Library and Archives Service as respondents online. The results obtained are then analyzed based on the Uses and Gratification theory. In this theory, it is divided into two measurements, namely Gratification Sought and Gratification Obtained. The results show that the most underlying motive for the users of the Library and Archives Service of Situbondo Regency is the fulfillment of information needs, while related to satisfaction, all indicators get satisfaction in the high category. The motive and satisfaction are two related things. This is because the satisfaction that the user will get is influenced by how much the user's motive or need for the application is.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522030049
Uncontrolled Keywords: Uses and Gratification, e-Pusda Situbondo, perpustakaan, Uses and Gratification, e-Pusda Situbondo, library.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 22 Sep 2022 06:55
Last Modified: 22 Sep 2022 06:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194633
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Daris Al Wafi.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item