Pengaruh Tourist Farm Service Quality Terhadap Kepuasan Pengunjung Dan Dampaknya Terhadap Revisit Intention (Survei Online Pada Pengunjung Wisata Dewi Sri Jabung-Kab.Malang)

Sari, Dahniar Yulmi Kusuma and Aniesa Samira Bafadhal, S.AB., M.AB (2022) Pengaruh Tourist Farm Service Quality Terhadap Kepuasan Pengunjung Dan Dampaknya Terhadap Revisit Intention (Survei Online Pada Pengunjung Wisata Dewi Sri Jabung-Kab.Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dewi Sri merupakan salah satu destinasi wisata yang tergolong baru yang ada di Malang. Dewi Sri terletak di Desa Sidorejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, berdiri pada bulan Juli 2020, di atas lahan seluas 2,3 hektar. Dewi Sri adalah wisata alam berbasis pertanian yang memberikan konsep edukasi dalam bidang pertanian yaitu padi organik produktifitas tinggi. Konsep tersebut digunakan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat bagaimana proses dan pentingnya menghasilkan padi, namun dengan cara yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Tourist Farm Service Quality terhadap Kepuasan Pengunjung dan Dampaknya terhadap Revisit Intention pada pengunjung Dewi Sri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi Tourist Farm Service Quality, Kepuasan Pengunjung, dan Revisit Intention. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung wisata Dewi Sri yang mengikuti official account instagram Dewi Sri dan pernah berkunjung setidaknya satu kali ke Dewi Sri. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling serta metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Data pada penelitian ini diolah menggunakan SPSS 25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) variabel Tourist Farm Service Quality memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung, 2) variabel Tourist Farm Service Quality memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Revisit Intention, 3) dan variabel Kepuasan Pengunjung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Revisit Intention.

English Abstract

Dewi Sri is one of the relatively new tourist destinations in Malang. Dewi Sri is located in Sidorejo Village, Jabung District, Malang Regency, established in July 2020, on an area of 2.3 hectares. Dewi Sri is an agriculture-based nature tourism that provides an educational concept in agriculture, namely high productivity organic rice. This concept is used to provide socialization to the community about the process and importance of producing rice, but in an interesting way. The purpose of this study is to examine and analyze the effect of Tourist Farm Service Quality on Visitor Satisfaction and Its Impact on Revisit Intention to Dewi Sri's visitors. The type of research used in this research is explanatory research with a quantitative approach. The variables of this research include Tourist Farm Service Quality, Visitor Satisfaction, and Revisit Intention. The population in this study were Dewi Sri tourism visitors who followed Dewi Sri's official Instagram account and had visited Dewi Sri at least once. The sample used in this study was 100 respondents who were taken using a purposive sampling technique and the data collection method used a questionnaire distributed online. Analysis of the data used is descriptive statistical analysis and path analysis. The data in this study were processed using SPSS 25 for windows. The results of this study indicate that: 1) the Tourist Farm Service Quality variable have significant and positive effect on visitor satisfaction, 2) Tourist Farm Service Quality variable have significant and positive effect on Revisit Intention, 3) and Visitor Satisfaction variable have significant and positive effect on Revisit Intention.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522030048
Uncontrolled Keywords: Tourist Farm Service Quality, Kepuasan Pengunjung, Revisit Intention, Tourist Farm Service Quality, Visitor Satisfaction, Revisit Intention.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 22 Sep 2022 06:47
Last Modified: 22 Sep 2022 06:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194630
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dahniar Yulmi.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item