Perbandingan Usability Learning Management System Edmodo Dan Google Classroom Menggunakan Heuristic Walkthrough (Studi Kasus: Smkn 3 Malang)

Anugrah, Syattya Permata and Retno Indah Rokhmawati,, S.Pd., M.Pd. and Satrio Hadi Wijoyo,, S.Si., S.Pd., M.Kom. (2020) Perbandingan Usability Learning Management System Edmodo Dan Google Classroom Menggunakan Heuristic Walkthrough (Studi Kasus: Smkn 3 Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Learning Management System merupakan aplikasi perangkat lunak yang dapat melakukan otomatisasi terhadap keperluan administrasi akademik, pencarian materi dan pelaporan kegiatan pelatihan. Sehingga LMS ini banyak digunakan oleh pihak sekolah. Terdapat banyak sekali LMS diantaranya adalah Edmodo dan Google Classroom. Kedua Learning Management System tersebut sudah digunakan oleh SMKN 3 Malang. Tetapi dalam penggunaannya, masih banyak siswa SMKN 3 Malang mengalami kendala karena daya literasi mereka yang rendah, tampilan yang susah dimengerti, dan pengguna tidak mengerti beberapa fitur dalam di sistem. Sehingga muncul permasalahan pada aspek Usability dan Learnability dari kedua LMS tersebut. Dari kedua aspek permasalahan tersebut, peneliti ingin melakukan perbandingan usability terhadap kedua LMS tersebut. Penelitian ini menggunakan dua metode yaitu metode Cognitive Walkthrough dan User Experience Questionnaire (UEQ) dengan jenis penelitian komparatif. Responden yang terlibat sebanyak lima siswa untuk pengujian usability menggunakan metode Cognitive Walkthrough, kemudian 30 siswa untuk penyebaran kuesioner UEQ. Dari hasil pengujian Cognitive Walkthrough, LMS Google Classroom memiliki total sebanyak delapan permasalahan dan LMS Edmodo memiliki total sebanyak sembilan permasalahan. Sedangkan dari perbandingan hasil penyebaran kuesioner UEQ, pengalaman pengguna LMS Edmodo lebih unggul dibandingkan dengan Google Classroom, Edmodo unggul pada empat aspek yaitu; Kejelasan, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan. Sementara Google Classroom unggul pada dua aspek yaitu daya tarik dan efisiensi. LMS Google Classroom merupakan LMS yang mudah dipelajari untuk pengguna baru. Sementara LMS Edmodo memiliki pengalaman pengguna yang lebih unggul daripada Google Classroom.

English Abstract

Learning Management System is a software application that can automate the needs of academic administration, material search and reporting of training activities. So this LMS is widely used by the school. There are lots of LMS including Edmodo and Google Classroom. Both Learning Management Systems have been used by SMKN 3 Malang. But in its use, there are still many students of SMKN 3 Malang experiencing problems because of their low literacy, the appearance that is difficult to understand, and users do not understand some of the features in the system. So that problems arise in the Usability and Learnability aspects of the two LMS. From the two aspects of the problem, the researcher wants to compare the usability of the two LMS. This study uses two methods, namely the Cognitive Walkthrough method and the User Experience Questionnaire (UEQ) with comparative research types. Respondents involved five students for usability testing using the Cognitive Walkthrough method, then 30 students for distributing the UEQ questionnaire. From the results of the Cognitive Walkthrough test, LMS Google Classroom has a total of eight problems and LMS Edmodo has a total of nine problems. While from the comparison of the results of the distribution of the UEQ questionnaire, the user experience of LMS Edmodo is superior compared to Google Classroom, Edmodo is superior in four aspects namely; Perspicuity, dependability, stimulation and novelty. While Google Classroom excels in two aspects: attractiveness and efficiency. Google Classroom LMS is an easy to learn LMS for new users. While LMS Edmodo has a user experience that is superior to Google Classroom.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520150128
Uncontrolled Keywords: Learning Management System, Usability, Cognitive Walkthrough, User Experience Questionnaire
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Sep 2022 02:42
Last Modified: 27 Sep 2024 01:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194578
[thumbnail of SYATTYA PERMATA ANUGRAH.pdf] Text
SYATTYA PERMATA ANUGRAH.pdf

Download (15MB)

Actions (login required)

View Item View Item