Zerindaputri, Amelya and Dr. Dra. Lely Indah Mindarti, M.Si. and Bayu Indra Pratama, S.I.Kom, M.A (2022) Pengaruh Kualitas Website WADULE Terhadap Kepuasaan Masyarakat Dengan Menggunakan Instrumen Webqual 4.0 (Studi Pada Masyarakat Kabupaten Pacitan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pandemi COVID-19 membawa dampak yang besar bagi masyarakat di Indonesia. Pelayanan publik yang selama ini dilakukan dengan beinteraksi secara langsung harus dibatasi bahkan harus beralih kepada pelayanan secara online. Dapat dilihat dengan banyaknya laporan masyarakat ke Ombudsman Republik Indonesia selama 2020 yang sebagian besar merupakan keluhan atas buruknya Pelayanan Publik Pemerintah Daerah. Pemerintah Kabupaten Pacitan menerapkan pengaduan dengan sistem online yaitu WADULE (Wadah Aspirasi dan Pengaduan Layanan Elektronik). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas Website WADULE terhadap kepuasan masyarakat Kabupaten Pacitan berdasarkan instrumen penelitian WebQual 4.0. Oleh sebab itu perlu dilakukan suatu penilaian untuk mengukur kualitas Website tersebut. Apakah dapat diterima dengan baik atau tidak, sehingga kualitas suatu Website berdasarkan persepsi pengguna merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui dan dapat dijadikan umpan balik terhadap pihak penyedia. Serta dapat mengoptimalkan fitur maupun menu yang terdapat didalamnya agar dapat mengakomodir kebutuhan pengguna. Penulis menggunakan Instrumen Webqual 4.0 dengan dimensi kemudahaan pengguna (Usability Quality) X1, kualitas informasi (Information Quality) X2, kualitas interaksi (service interaction quality) X3, dan kepuasan pengguna (User satisfaction) Y.
English Abstract
The COVID-19 pandemic has had a huge impact on people in Indonesia. Public services that have been carried out by direct interaction must be limited and even have to switch to online services. It can be seen from the number of public reports to the Ombudsman of the Republic of Indonesia during 2020, most of which are complaints about the poor local government public services. The Pacitan Regency Government implements complaints with an online system, namely WADULE (Aspiration and Complaints Center for Electronic Services). This study aims to determine the effect of the quality of the WADULE website on the satisfaction of the people of Pacitan Regency based on the WebQual 4.0 research instrument. Therefore, it is necessary to conduct an assessment to measure the quality of the website. Is it acceptable or not, so that the quality of a website based on user perceptions is very important to know and can be used as feedback to the provider. And can optimize the features and menus contained in it so that it can accommodate user needs. The author uses the Webqual 4.0 instrument with dimensions of user convenience (Usability Quality) X1, information quality (Information Quality) X2, interaction quality (service interaction quality) X3, and user satisfaction (User satisfaction) Y.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522030032 |
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Kualitas Website, Website WADULE, Kepuasan Pengguna, Webqual 4.0, Influence, Website Quality, WADULE Website, User Satisfaction, Webqual 4.0. |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Zainul Mustofa |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 06:45 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 06:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194532 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Amelya Zerindaputri.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |