Sanidya, Aishia Danastri and Dr. Ainul Hayat, S.Pd, M. and Taufiq Akbar Al Faj’ri, SS., M.Pd (2022) Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Sebagai Bentuk Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter (Studi Tentang Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter di SMP Negeri 6 Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui internalisasi nilai karakter pada peserta didik sebagai bentuk implementasi kebijakan penguatan pendidikan karakter serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasinya. Penelitian ini dilakukan di SMPN 6 Malang terhadap beberapa peserta didik maupun pendidik menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan diinterpretasikan oleh peneliti. Analisis data menggunakan Interactive model Miles and Huberman (1984). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menginternalisasi nilai karakter pada peserta didik sebagai bentuk implementasi pendidikan karakter di Sekolah Menengah Pertama 6 Malang tersebut melalui 5 tahapan yakni receiving, responding, valuing, organizing dan characterizing. Adapun faktor pendukung yaitu tingginya tingkat kepedulian pendidik pada peserta didiknya dan faktor penghambat yaitu perbedaan latar belakang setiap individu.
English Abstract
The purpose of this research is to find out the internalization of character values for students as an implementation of character education policies and also the supporting and inhbiting factors. This research was conducted at Junior High School 6 Malang for several students and educators uses a descriptive method with qualitative approach and data collection techniques by interview, observation and documentation interpreted by researcher. Data analysis uses the interactive model Miles and Huberman (1984) model. The results shows that the implementation receiving, responding, valuing, organizing and characterizing. The supporting factors are the level of awareness and concern from the educators for students, while the inhibiting factor is the differences of each individual’s background.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522030030 |
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi, Kebijakan, Pendidikan Karakter, Internalization, Policy, Character Building. |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Zainul Mustofa |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 06:31 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 06:31 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194526 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aishia Danastri Sanidya.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |