Pemanfaatan Media Pembelajaran Audiovisual Pada Peserta Didik (Studi pada SMA Negeri 1 Kota Blitar).

Richty, Adenansya Niwang and Dr. Imam Hanafi, M.Si., MS and Mochamad Chazienul Ulum, S.Soc (2022) Pemanfaatan Media Pembelajaran Audiovisual Pada Peserta Didik (Studi pada SMA Negeri 1 Kota Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Media Pembelajaran Audiovisual merupakan sebuah media pembelajaran yang mengintegrasikan penggunaan indera pendengaran dan indera penglihatan dalam sebuah pembelajaran. Pemanfaatan media pembelajaran audiovisual di SMA Negeri 1 Kota Blitar tidak meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan, salah satu faktornya adalah dalam proses pemanfaatan media pembelajaran audiovisual yang kurang optimal. Tujuan dari penelitian adalah (1)Mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran audiovisual pada peserta didik, (2)Mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat pemanfaatan media pembelajaran audiovisual pada peserta didik di SMAN 1 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran audiovisual pada peserta didik di SMAN 1 Kota Blitar menggunakan sistem 5P yaitu : (1) Pengkajian meliputi: a).Menentukan indikator, b).Mencari bahan, c).Melakukan penyesuaian materi; (2) Persiapan teknologi, media dan materi meliputi: a) Persiapan, b) Membuat video pembelajaran, c).Mengecek materi dapat diakses, d). Pembagian kepada peserta didik; (3) Persiapan lingkungan pembelajaran dengan mengupayakan pembelajaran tercipta lingkungan yang kondusif, menarik dan tidak membosankan; (4) Persiapan peserta didik meliputi: a). Melakukan survey kondisi, b). Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, c). Menjelaskan cara belajar, dan d). Memberitahukan cara evaluasi; (5) Penyediaan pengalaman meliputi: a). Memberikan materi, b) Memberi kesempatan belajar mandiri c). Memberikan tugas. Adapun faktor pendukung meliputi faktor internal yaitu: (1) Sumber daya manusia; (2) Efektivitas penyampaian materi, sedangkan faktor eksternal yaitu: (1) Fasilitas penujang; (2) Informasi pelatihan (workshop). Sedangkan faktor penghambat meliputi faktor internal yaitu: (1) Keterbatasan kemampuan, waktu, dan tenaga Bapak/Ibu guru; (2) Individu peserta didik, sedangkan faktor eksternal yaitu jaringan internet yang tidak stabil.

English Abstract

Audiovisual Learning Media is a learning media that integrates the use of the senses of hearing and sight in learning. The use of audiovisual learning media in SMA Negeri 1 Kota Blitar did not significantly improve student learning outcomes, one of the factors was in the process of using audiovisual learning media which was less than optimal. The aims of the research are (1) to describe the use of audiovisual learning media for students, (2) to describe and analyze the supporting factors and inhibiting factors for the use of audiovisual learning media for students at SMAN 1 Blitar City. This study uses a descriptive research method with a qualitative approach. The results of the study indicate that the use of audiovisual learning media for students at SMAN 1 Blitar City uses the 5P system, namely: (1) The assessment includes: a). Determining indicators, b). Finding materials, c). Making adjustments to materials; (2) Preparation of technology, media and materials includes: a) Preparation, b) Making learning videos, c). Checking accessible materials, d). distribution to students; (3) Preparation of a learning environment by seeking learning to create a conducive, interesting and not boring environment; (4) The preparation of students includes: a). conduct a condition survey, b). Inform about learning objectives, c). Inform how to learning, and d). Inform how to evaluate; (5) Provide of experience includes: a). Giving material, b) Providing independent learning opportunities c). Give assignments. The supporting factors include internal factors, namely: (1) human resources; (2) Effectiveness of material delivery, while external factors are: (1) supporting facilities; (2) Training information (workshop). While the inhibiting factors include internal factors, namely: (1) Limited ability, time, and energy of the teacher; (2) Individual students, while external factors are unstable internet networks.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522030024
Uncontrolled Keywords: Peserta didik, Media Pembelajaran, Audiovisual, Students, Learning Media, Audiovisual.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 21 Sep 2022 04:16
Last Modified: 21 Sep 2022 04:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194517
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ADENANSYA NIWANG RICHTY.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item