Strategi Pengembangan Usaha Ricebox Ikan Cakalang UMKM Mamam no Limit Kota Malang Jawa Timur

Al Musthafa, Mohammad Gema and Candra Adi Intyas, S. Pi, MP (2022) Strategi Pengembangan Usaha Ricebox Ikan Cakalang UMKM Mamam no Limit Kota Malang Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan cakalang (Katsuwonus pelamis) merupakan salah satu species target dalam usaha perikanan tangkap di Indonesia. Ikan cakalang bisa dikonsumsi dengan dibakar,dikukus,dan digoreng,atau dalam bentuk olahan ikan pindang. Ikan pindang merupakan sebuah olahan makanan yang popular di Indonesia, dalam urutan hasil olahan tradisional, ikan pindang menempati posisi kedua dibawah ikan asin. Seiring berjalan nya waktu usaha kecil akan semakin banyak dan akan diiringi oleh sebuah persaingan, salah satunya adalah Ricebox Ikan Cakalang Mamam no Limit yang memerlukan sebuah strategi pegembangan usaha. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan Gambaran model bisnis pada usaha Ricebox Ikan Cakalang Mamam no Limit. 2) Menganalisis Kondisi Internal dan Eksternal Ricebox Ikan Cakalang Mamam no Limit. 3) Menganalisis posisi perusahaan Ricebox Ikan Cakalang Mamam no Limit. 4) Merumuskan alternatif strategi pengembangan usaha Ricebox Ikan Cakalang Mamam no Limit. 5) Menyusun prioritas strategi pengembangan usaha Ricebox Ikan Cakalang Mamam no Limit Lokasi penelitian berada di Ricebox Ikan Cakalang Mamam no Limit Kecamatan kedungkandang Kota Malang Jawa timur. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling, Jenis dan sumber data berupa data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuisioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu: 1) gambaran bisnis menggunakan buisines model canvas , 2) analisis internal dan eksternal menggunakan analisis bmc, analisisi internal dan eksternal, 3) Posisi perusahaan menggunakan Internal Factor Evaluation (IFE) , Eksternal Factor Evaluation (EFE) dan Internal Eksternal Matrix (IE Matriks), 4) alternatif strategi pengembangan menggunakan alternatif SWOT, 5) Penyusunan prioritas strategi pengembangan menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Model Bisnis UMKM ini terbagi atas segmen konsumen, produk dan biaya yang mana dalam proses ini didapatkan sejumlah kekuatan dan kelemahan dalam UMKM ini. Hasil penelitian dari BMC mendapatkan gambaran usaha dan beberapa kekuatan dan kelemahan perusaahaan, untuk analisis IFE mendapatkan skor 2, 813 dan EFE mendapatkan skor 2, 698 dan jika hasil skor IFE dan EFE dimaskan edalam IE Matriks akan diketahui posisi perusahaan berada pada kuadran V yang mana berada pada posisi hold and maintain. Dengan diketahuinya posisi perudahaan maka dapat membantu dalam pembuatan Matriks SWOT yang menghasilkan 5 rumusan strategi yakni 1S0, 2 ST, 1WO, 1WT. Dengan menggunakan analisis QSPM maka diketahui rumusan strategi prioritas yang dimiliki perusahaan yakni Sistem penjamin mutu produk(PIRT dan BPOM) dan sertifikasi ke halalan produk. Saran yang dihasilkan berguna untuk Pemerintahan dalam menjaga kestabilan harga, bagi peneliti diharapkan dapat membuat strategi pengembangan bisnis yang lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522080167
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 21 Sep 2022 03:17
Last Modified: 21 Sep 2022 03:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194500
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mohammad Gema Al Musthafa.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item