Efektivitas Pelaksanaan Pelatihan Kerja (X) Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia di Kota Batu (Studi Dinas Tenaga Kerja Kota Batu)

’Aisiy, Salsabila Rohada and Choirul Saleh, Dr., M.Si and Ali Maskur, S.AP., M.AP., MA (2021) Efektivitas Pelaksanaan Pelatihan Kerja (X) Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia di Kota Batu (Studi Dinas Tenaga Kerja Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan pengangguran merupakan permasalahan yang sampai saat ini belum bisa untuk diatasi oleh pemerintah nasional pada umumnya dan pemerintah daerah pada khususnya. Salah satunya di Kota Batu. Kota Batu dinilai menjadi salah satu kota yang memiliki jumlah pengangguran terbuka yang cukup tinggi. Sehingga Dinas Tenaga Kerja Kota Batu menjadi fasilitator untuk menyelenggarakan pelatihan kerja untuk membekali mereka dengan keahlian khusus dan keterampilan agar dapat bekerja sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja. Sehingga kualitas dari tenaga kerja meningkat dan dapat bersaing dengan tenaga kerja yang berkompeten.Berbagai jurusan pelatihan sudah dilaksanakan dan salah satunya jurusan administrasi perkantoran dan juga perhotelan. Rata-rata lulusan dari pelatihan ini mendapatkan pekerjaan tidak sesuai dengan jurusan yang sudah diikuti dalam pelatihan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pelaksanaan pelatihan efektif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kota Batu. Penelitian ini dilakukan di Dinas Tenaga Kerja Kota Batu, yang berlokasi di Jl. Panglima Sudirman No.507, Pesanggrahan, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65313, Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Responden ini adalah seluruh peserta pelatihan berjumlah 50 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Adapun analisis data dalam penelitian ini adalah : analisis deskriptif, analisis regresi linier sederhana, uji korelasi dan determinasi.

English Abstract

The problem of unemployment is a problem that has yet to be resolved by the national government in general and regional governments in particular. One of them is in Batu City. Batu City is considered to be one of the cities that has a fairly high number of open unemployment. So that the Batu City Manpower Office becomes a facilitator to hold job training to equip them with special skills and skills so that they can work in accordance with the needs of the labor market. So that the quality of the workforce increases and can compete with competent workforce. Various training majors have been implemented and one of them is the office administration and hospitality department. On average, graduates from this training get jobs not in accordance with the majors that have been followed in the training. The purpose of this study was to determine whether the implementation of training was effective in improving the quality of human resources in Batu City. This research was conducted at the Batu City Manpower Office, which is located on Jl. Panglima Sudirman No. 507, Pesanggrahan, Kec. Batu, Batu City, East Java 65313, Indonesia. This research method uses quantitative research with descriptive analysis using a questionnaire as a data collection tool. These respondents were all training participants totaling 50 people. The sampling technique used in this research was saturated sampling technique. The data analysis in this study are: descriptive analysis, simple linear regression analysis, correlation test and determination.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521030371
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pelaksanaan Program Pelatihan, Kualitas Sumber Daya Manusia, Effectiveness, Implementation of training programs, Quality of human resources.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 21 Sep 2022 01:45
Last Modified: 21 Sep 2022 01:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194462
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
0521030033- Salsabila Rohada Aisiy.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item