Analisi Analisis dan Perbaikan Proses Bisnis Menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI) (Studi Kasus : Bidang Usaha Perikanan Lele pada PT. MaksiPlus Utama Indonesia).

Rakhman Nanda, Fandika (2020) Analisi Analisis dan Perbaikan Proses Bisnis Menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI) (Studi Kasus : Bidang Usaha Perikanan Lele pada PT. MaksiPlus Utama Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. MaksiPlus Utama Indonesia merupakan sebuah perusahaan distribusi yang bergerak dibidang perikanan, pertanian, dan peternakan di Indonesia. Bidang perikanan pada PT. MaksiPlus Utama Indonesia yang bernama Lelenesia memiliki 4 proses bisnis diantaranya, penyediaan suplai, pengolahan produk, penjualan produk, dan pemesanan produk. Selama menjalankan bisnisnya, Lelenesia belum memiliki dokumentasi proses bisnis yang baku dan jelas. Masih adanya kendala seperti seperti proses bisnis yang dilaksanakan di Lelenesia tidak sesuai dengan target waktu yang ditentukan. Hal tersebut terjadi karena terdapat kendala yang menghambat jalannya kegiatan bisnis di Lelenesia. Harapan dari pemiliki Lelenesia yaitu dengan mempertimbangkan pemanfaatan dan bantuan dari sistem informasi, proses bisnis dapat berjalan secara lebih efisien kedepannya. Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan, maka dilakukan analisis dan perbaikan pada proses bisnis yang sedang berjalan. Metode analisis yang digunakan yaitu Business Process Improvement (BPI) yang dilakukan dari fase 1: Organizing for improvement sampai fase 3: Streamlining. Kemudian dari hasil analisis dan evaluasi selanjutnya dilakukan simulasi proses bisnisnya. Hasil simulasi menunjukkan terjadi pengurangan total time pada proses bisnis yang dilakukan perbaikan yaitu, proses penyediaan suplai sebesar 169 menit, proses penjualan produk sebesar 12.846 menit, dan proses pemesanan produk sebesar 1.700 menit. Sehingga dapat disimpulkan bahwa waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan proses bisnis rekomendasi lebih efisien daripada proses bisnis saat ini pada Bidang Usaha Perikanan Lele PT. MaksiPlus Utama Indonesia.

English Abstract

PT. MaksiPlus Utama Indonesia is a distribution company that engaged in fisheries, agriculture, and animal husbandry in Indonesia. The fisheries sector at PT. MaksiPlus Utama Indonesia named Lelenesia has four business processes, including supply, product processing, product sales, and product ordering. While running its business, Lelenesia does not yet have clear and standard business process documentation. There are still obstacles such as the business process carried out in Lelenesia not according to the specified time target. This happened because there were obstacles that hindered the running of business activities in Lelenesia. The expectation of Lelenesia owners is to consider the use and assistance of information systems, business processes can run more efficiently in the future. Based on the problems that have been described, an analysis and improvement is made on the ongoing business processes. The analytical method used is the Business Process Improvement (BPI) conducted from phase 1: Organizing for improvement to phase 3: Streamlining. After get the results of the analysis and evaluation, the next step is to do simulation of business process. The simulation results show that there is a reduction in the total time in the business process that has been repaired, namely, the supply supply process is 169 minutes, the product sales process is 12,846 minutes, and the product ordering process is 1,700 minutes. So it can be concluded that the time needed to run the recommendation business process is more efficient than the current business process in the Catfish Fisheries Business Sector PT. MaksiPlus Utama Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520150460
Uncontrolled Keywords: analisis dan perbaikan proses bisnis, BPI, BPMN.,analysis and improvement of business processes, BPI, BPMN.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 20 Sep 2022 07:11
Last Modified: 20 Sep 2022 07:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194437
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fandika Rakhman Nanda.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item