nalisis Value Terhadap Minat Penggunaan MyTelkomsel Menggunakan Consumption Value Model.

Irvhan, Ailsa Nabila (2020) nalisis Value Terhadap Minat Penggunaan MyTelkomsel Menggunakan Consumption Value Model. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

MyTelkomsel merupakan mobile apps berupa layanan yang diluncurkan oleh Telkomsel untuk memberikan kemudahan akses pelayanan bagi pelanggan Telkomsel dalam menikmati layanan Telkomsel. Aplikasi MyTelkomsel telah mendapatkan 20 besar top free apps di Apps Store dan 30 besar top free apps di Play Store namun, aplikasi ini juga masih memiliki kekurangan terbukti dari adanya keluhan pengguna melalui fitur ulasan yang tersedia di Apps Store dan Play Store sehingga belum diketahuinya faktor apa yang mempengaruhi pengguna untuk minat dan tetap menggunakan aplikasi MyTelkomsel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai yang dirasakan pengguna yang mempengaruhi dalam minat penggunaan MyTelkomsel. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna aplikasi MyTelkomsel di Malang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive sebanyak 100 responden. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuisioner. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji parsial, dan analisis regresi linier berganda pada lima variabel yaitu, functional values, emotional values, epistemic values, conditional values, dan social values. Uji korelasi pearson juga dilakukan untuk mengetahui keeratan hubungan antar variabel tersebut dengan variabel intention to use. Pengujian dilakukan menggunakan tools SPSS. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel functional values, variabel emotional values, dan variabel social values memiliki pengaruh signifikan positif terhadap minat penggunaan aplikasi MyTelkomsel dengan keeratan hubungan yang cukup, sedangkan variabel epistemic values tidak berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan aplikasi MyTelkomsel dengan keeratan hubungan yang rendah atau lemah, dan variabel conditional values juga tidak berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan aplikasi MyTelkomsel dengan keeratan hubungan yang sangat rendah atau sangat lemah

English Abstract

MyTelkomsel is a mobile apps service launched by Telkomsel to give easier access for the customers to enjoy the services of Telkomsel. The MyTelkomsel apps have reached the top 20 free apps in the Apps Store and top 30 free apps in the Play Store but this application still has flaws, It is proven by the complains from the review feature by users that is provided in the Apps Store and the Play Store so the factors that influence the users to always be interested in using the MyTelkomsel Apps is still unknown. The purpose of this research is to know the value that is felt by users that influence the interest in using MyTelkomsel. The population in this research is users of MyTelkomsel in Malang with the sampling using sampling purposive with 100 respondents. The data sampling of this research is done by spreading questionnaires. Data analysis is done using classic assumption test, partial test, and multiple regression analysis to five variables which is, functional values, emotional values, epistemic values, conditional values, and social values. Pearson correlation test was also conducted to determine the closeness of the relationship between these variables with the intention to use variable. Testing is done using SPSS tools. The conclusion from the results of the research conducted showed that functional values variables, emotional values variables, and social values variables have a significant positive influence on the interest in using the MyTelkomsel application with an enough closeness relationship while the epistemic values variable does not significantly influence the interest in using the MyTelkomsel application with the closeness of the relationship low or weak, and conditional values variables also have no significant effect on the interest in using the MyTelkomsel application with a very low or very weak relationship.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520150457
Uncontrolled Keywords: functional values, emotional values, epistemic values, conditional values, social values, minat penggunaan.,functional values, emotional values, epistemic values, conditional values, social values, intention to use
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 19 Sep 2022 08:48
Last Modified: 25 Sep 2024 01:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194407
[thumbnail of fix-Anggtaslih Mutiara Fathony.pdf] Text
fix-Anggtaslih Mutiara Fathony.pdf

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item