Penyusunan Standard Operating Procedure untuk Incident Management dan Problem Management Aset Digital Pada Perusahaan XYZ Berdasarkan Pedoman Information Technology Infrastucture Library

Rahmasari, Nadya (2020) Penyusunan Standard Operating Procedure untuk Incident Management dan Problem Management Aset Digital Pada Perusahaan XYZ Berdasarkan Pedoman Information Technology Infrastucture Library. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan XYZ adalah perusahaan yang bergerak pada pengolahan sumber daya air nasional. Perusahaan XYZ memiliki RITI atau Rencana Induk Teknologi Informasi yang telah mencakup secara keseluruhan pengelolaan TI. Salah satu hal yang tercantum dalam RITI adalah pengelolaan Tata Kelola Teknologi Informasi. Tata kelola akan membantu perusahaan dalam memaksimalkan penggunaan TI kedalam organisasi, termasuk pengelolaan Arsip Digital yang biasa disebut Aset Digital. Aset digital dipilih sebagai objek dikarenakan asset adalah bagian penting dari perusahaan, sedangkan ketidakpekaan perusahaan terkait penanganan insiden dan masalah terhadap asset digital telah mengakibatkan penuruan key performance indicator atau KPI Divisi Teknologi Informasi. Solusi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan KPI adalah dengan membuat standar operasional prosedur (SOP). Selain itu, berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI No. 35 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan perusahaan dianjurkan untuk membuat SOP kearsipan. Pembuatan perancangan SOP dalam penelitian ini akan menggunakan ITIL sebagai pedoman. Pemilihan ITIL berdasarkan penelitian sebelumnya yang telah dilakukan dan terbukti mampu meningkatkan nilai pengelolaan TI pada suatu organisasi. Peneliti akan berfokus pada domain Incident Management dan Problem Management. Dipilihnya domain Incident Management dan Problem Managent berdasarkan masalah Divisi TI. Metode penggalian data menggunakan wawancara dan observasi. Narasumber yang akan diwawancarai didapat dari pemetaan RACI Chart yang disesuaikan dengan tugas pokok dan fungsi dari setiap bagian organisasi. Data yang didapatkan akan dianalisis menggunakan analisis keadaan saat ini dan keadaan ideal yang kemudian dilanjutkan dengan analisis kesenjangan. Analisis kesenjangan akan menghasilkan solusi untuk perusahaan. Solusi yang ditemukan akan dijadikan dasar untuk perancangan Standard Operating Procedure, dimana akan disusun berdasarkan kegiatan-kegiatan yang terdapat pada Pedoman ITIL Domain Incident Management dan Problem Management. Penelitian ini menghasilkan SOP sesuai dengan masing-masing domain. Domain Incident Management menghasilkan 3 Rangkaian SOP, 16 kegiatan dan 2 Formulir pendunkung. Sedangkan, domain Problem Management menghasilkan 4 Rangkaian SOP, 19 kegiatan, dan 3 Formulir pendukung.

English Abstract

XYZ Company is a company engaged in the services of national water resources. XYZ Company has RITI or IT Master Plan who has covered all the IT Management. One of the IT management that mentioned in IT Master Plan is how to manage IT Governance. Governance will help to optimilization the use of technology in company’s organization, include the manage of digital assets. Digital assets have been choosen as the object of this research because the importance for the company, but the passivity that organization did on managing incident and problem in effect of low key performance indicator on the IT Division. The solution that can be done to incrase KPI is making a standard operational procedure for managing digital assets. Otherwise, in the Ministerial of Adiminstrative and Bureaucracy Reform’s Regulation No. 35 in 2012nd about Guidelines the making of Standard Operational Procedures of Corporate Governance Administration, that required to make SOPs for record management. In this research, ITIL has been selected as the guidelines. Selection of ITIL based on previous research and proven to be able to improve managing IT in the organization. In this research, researcher will be focused on Incident Management and Problem Management domain. Incident management and problem management domain has been choosen because of The obtained data will be analyzed using an analysis of the current and ideal conditions then followed by a gap analysis. The results of the gap analysis will be a solution to the company. The solution is the output from this research in the form of a draft Standard Operating Procedure which will be prepared based on the activities contained in the ITIL Guidelines Incident Management and Problem Management domain. The making of the SOP will be carried out based on the Regulation of the Minister of Administrative Reform and Bureaucratic Reform of the Republic of Indonesia No. 35 of 2012 concerning Guidelines for the Preparation of Operational Standards for Government Administration Procedures. This research produces SOP in each domain. Domain Incident Management produced 3 series of SOPs, 16 activities and 2 supporting forms. Meanwhile, the Problem Management domain produced 4 series of SOPs, 19 activities, and 3 supporting forms

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520150445
Uncontrolled Keywords: information technology infrastructure, incident, problem, management, standard operating procedure.,information technology infrastructure, incident, problem, management, standard operating procedure
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 16 Sep 2022 08:19
Last Modified: 16 Sep 2022 08:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194342
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
NADYA RAHMASARI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item