Alif Kresnanto, Mochammad (2020) Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile Booking Hotel Dengan Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Pada RedDoorz Dan Airy). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan teknologi informasi selalu mengalami perkembangan yang pesat dari tahun ke tahun. Banyaknya fasilitas kemudahan-kemudahan yang ditimbulkan oleh perkembangan teknologi informasi secara langsung berdampak pada kegiatan sehari-hari. Salah satu sektor yang memperoleh dampak adalah bisnis perhotelan. Dimana beberapa developer mulai mengembangkan aplikasi yang bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan booking hotel. Dua dari sekian banyak aplikasi ini adalah RedDoorz dan Airy, dimana kedua aplikasi ini sudah di unduh lebih dari lima ribu pengguna. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi ini diminati oleh pengguna dalam melakukan booking hotel. Dalam ulasan yang diberikan oleh pengguna pada masing-masing aplikasi menunjukkan berbagai respon dari pengguna dimana ada yang memberi respon positif dan respon negatif. Dalam beberapa ulasan yang diberikan oleh pengguna diketahui merupakan ulasan tentang pelayanan dan kesan yang dirasakan oleh para pengguna saat menggunakan salah satu aplikasi tersebut. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas dari masing-masing aplikasi dengan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) dimana metode ini digunakan untuk menilai kualitas suatu produk atau aplikasi berdasarkan impresi dari pengguna saat menggunakan sebuah produk atau aplikasi. UEQ memiliki enam skala penilaian diantaranya adalah attractiveness, efficiency, perspicuity, dependability, stimulation dan novelty. Masing masing dari skala yang ada pada UEQ menggambarkan impresi yang dirasakan oleh pengguna saat menggunakan salah satu dari kedua aplikasi tersebut. Dalam penelitan ini responden memiliki latar belakang yang berbeda-beda dengan kisaran usia dari 18 tahun sampai dengan 34 tahun yang sudah pernah menggunakan salah satu dari kedua aplikasi. Hasil dari analisis menggunakan UEQ menunjukkan bahwa penelitian yang dilakukan memperoleh nilai keberhasilah yang cukup tinggi dimana dapat diketahui bahwa Airy memeperoleh nilai yang lebih baik pada beberapa skala yang ada pada UEQ daripada RedDoorz.
English Abstract
The development of information technology is always experiencing rapid development from year to year. The many facilities that are caused by the development of information technology directly impact on daily activities. One sector that is impacted is the hotel business. Where some developers began to develop applications that aim to facilitate users in booking hotels. Two of these applications are RedDoorz and Airy, where both of these applications have been downloaded by more than five thousand users. This shows that this application is in demand by users in booking hotels. In a review given by the user on each application shows a variety of responses from users where there are positive responses and negative responses. In some reviews given by users are known to be reviews of services and impressions felt by users when using one of these applications. the purpose of this research is to know the quality of each application using the User Experience Questionnaire (UEQ) method where this method is used to assess the quality of a product or application based on the impressions of users when using a product or application. UEQ has six rating scales including attractiveness, efficiency, perspicuity, dependability, stimulation and novelty. Each of the scales in UEQ illustrates the impression that is felt by the user when using one of the two applications. In this research respondents have different backgrounds with age ranges from 18 years to 34 years who have already used one of the two applications. The results of the analysis using UEQ show that the research conducted obtained a high enough success score where it can be seen that Airy obtained better grades on several scales that exist on UEQ than RedDoorz
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520150443 |
Uncontrolled Keywords: | analisis, pengalaman pengguna, ulasan, aplikasi, hotel, UEQ.,analysis, user experience, reviews, applications, hotel, UEQ |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 07:39 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 03:34 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194327 |
![]() |
Text
Mochammad Alif Kresnanto.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |