Penerapan E-learning dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (Studi Pada SMA Negeri 15 Kota Surabaya).

Anwar, Hafidz Afif and Drs. Fadillah Amin, M.AP., Ph.D and Nurjati Widodo, S.AP, M.AP (2021) Penerapan E-learning dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (Studi Pada SMA Negeri 15 Kota Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi yang begitu pesat telah mempengaruhi berbagai sektor, salah satunya yaitu pendidikan. Sistem pembelajaran jarak jauh melalui e- learning merupakan inovasi pembaharuan pembelajaran yang kini telah banyak diterapkan di berbagai sekolah untuk menunjang proses pembelajaran terutama dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penerapan e-learning diharapkn mampu meningkatkan motivasi belajar siswa yang akan berdampak pada hasil belajar dan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan e-learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 15 Surabaya, serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pembelajaran e-learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap pihak yang terlibat dalam penerapan pembelajaran e-learning di SMA Negeri 15 Surabaya, baik secara langsung maupun daring. Analisis penerapan e-learning dibagi menjadi 4 pokok bahasan utama yaitu metode yang digunakan guru SMA Negeri 15 Surabaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sebelum diterapkan e-learning, penerapan e- learning di SMA Negeri 15 Surabaya, Penerapan e-learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMA Negeri 15 Surabaya, dan faktor pendukung serta penghambat dalam penerapan e-learning si SMA Negeri 15 Surabaya.

English Abstract

Rapid technology development has influenced various sectors, including education. A long-distance learning system through e-learning is a new learning innovation that has been applied in many schools to support the learning process, especially in increasing student learning motivation. The application of e-learning is expected to be able to increase student motivation which will have an impact on learning outcomes and the quality of education. This research aims to analyze the application of e-learning to increase student motivation in SMA Negeri 15 Surabaya, along with describing the supporting and obstacle factor in its application. The type of this research is evaluative research with qualitative approach. Data are collected through observation, interview, and documentation to those who involve in e-learning applications in SMA Negeri 15 Surabaya, either directly or indirectly. The analysis of the application of e-learning is divided into 4 main subjects, namely the methods used by teachers of SMA Negeri 15 Surabaya to increase student motivation before implementing e-learning, the application of e-learning at SMA Negeri 15 Surabaya, Application of e-learning in increasing student learning motivation SMA Negeri 15 Surabaya, and supporting and inhibiting factors in the application of e-learning in SMA Negeri 15 Surabaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: e-learning, penerapan, motivasi, e-learning, application, learning motivation.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 16 Sep 2022 02:32
Last Modified: 16 Sep 2022 02:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194298
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
0521030002- Hafidz Afif Anwar.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item