Fauziah Novitasari, Shandranuur (2020) Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada E- Commerce Sociolla.com Menggunakan Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sociolla merupakan e-commerce terlengkap dan terpercaya di Indonesia yang menjual produk kecantikan dan perawatan kulit dan tubuh. Demi mempermudah akses untuk mendapatkan kosmetik yang diinginkan, website Sociolla dibuat pada tahun 2015. Website sociolla bertujuan memudahkan konsumen untuk mendapatkan informasi mengenai kandungan dan harga kosmetik. Permasalahan yang terjadi pada website Sociolla adalah setiap pengguna yang melakukan interaksi pada website Sociolla merasa bahwa website Sociolla memerlukan waktu yang cukup lama untuk setiap masukkan yang dilakukan oleh pengguna. Dampak dari kesalahan sistem pada website Sociolla yang berulang tersebut, membuat banyaknya pengguna enggan melakukan aktivitas pada website. Setelah dilihat dari permasalahan yang terdapat pada website Sociolla, yaitu banyaknya penilaian negatif terhadap website Sociolla dan kurangnya minat pengguna untuk mengunjungi kembali website Sociolla. Dari permasalahan tersebut, maka dilakukanlah evaluasi usablity untuk mengetahui pengalaman pengguna menggunakan pengujian skenario Usability Testing, kuesioner SUS (System Usability Scale) dan metode UEQ (User Experience Questionnaire). Pengujian skenario menggunakan Usability Testing merupakan pengujian secara objektif dan kuesioner SUS dan UEQ merupakan pengujian secara subjektif. Pengujian skenario diujikan kepada 10 responden yang belum pernah mengakses website Sociolla dengan lima belas tugas yang harus diselesaikan pada website Sociolla, sedangkan kuesioner SUS akan diisikan oleh 10 responden yang telah melakukan pengujian skenario, dan kuesioner UEQ diisi oleh 25 responden yang didalamnya terdiri dari 10 responden yang telah melakukan pengujian skenario dan pengisian kuesioner SUS. Hasil pengujian skenario pada website Sociolla diukur dengan empat parameter, yaitu pengujian skenario aspek effectiveness parameter Task Completed memiliki nilai keberhasilan sebesar 0.91 dan parameter Error Rate during Performance memiliki nilai rata-rata jumlah kesalahan sebesar 0.05467. Aspek efficiency parameter Time per Completed Task memiliki rata-rata waktu untuk setiap penyelesaian tugas sebesar 45.313 detik dan parameter Number of Clicks memiliki rata-rata klik sebesar 5 klik. Kuesioner SUS dari website Sociolla mendapatkan skor 75.75 yang termasuk dalam kategori Acceptable dengan adjective rating “Good” dan grade scale “C”. Hasil pengalaman pengguna menunjukkan yaitu pada metode UEQ, aspek pragmatic quality dengan nilai sebesar 3.05, dan aspek hedonic quality dengan nilai sebesar 2.23. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa website Sociolla dapat diterima dengan baik oleh pengguna.
English Abstract
Sociolla is the most complete and trusted e-commerce in Indonesia that sells beauty and skin care products. In order to facilitate access to the desired cosmetics, the Sociolla website was created in 2015. Sociolla Website aims to facilitate consumers to get information about the content and price of cosmetics. The problem of the Sociolla website is that every user who has interaction on the Sociolla website feels that the Sociolla website takes a long time for every input done by the user. The impact of the system error on the recurring Sociolla website, makes many users reluctant to do activities on the website. After judging from the problems on the website Sociolla, that is the number of negative assessments on the Sociolla website and the lack of interest users to revisit Sociolla website. From the problem, the evaluation of Usablity was performed to know the user experience using testing of Usability Testing scenarios, the SUS (System Usability Scale) questionnaire and the UEQ (User Experience Questionnaire) method. Scenario testing using Usability Testing is an objective test and the SUS and UEQ questionnaires are subjective testing. The testing of the scenario is tested to 10 respondents who have never accessed the Sociolla website with fifteen tasks to be completed on the Sociolla website, while the SUS questionnaire will be populated by 10 respondents who have conducted the scenario testing, and the UEQ questionnaire is filled by 25 respondents which consist of 10 respondents who have conducted scenario testing and completing the SUS questionnaire. The test results of the scenario on the Sociolla website were measured with four parameters, i.e. the testing aspect scenario effectiveness The Task Completed parameter has a success value of 0.91 and the Error Rate parameter during Performance has an average value of error amount of 0.05467. The efficiency aspect of the Time per Completed Task parameter has an average time for each task completion of 45,313 seconds and the Number of Clicks parameter has a click average of 5 clicks. The SUS questionnaire of the Sociolla website got a score of 75.75 which belongs to the category Acceptable with the adjective rating "Good" and Grade scale "C". Results of the user experience indicates that the method UEQ, pragmatic aspect quality with a value of 3.05, and the aspect hedonic quality with a value of 2.23. In this study can be concluded that Sociolla website can be well received by users
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520150439 |
Uncontrolled Keywords: | usability, System Usability Scale (SUS), User Experience Questionnaire (UEQ.,usability, System Usability Scale (SUS), User Experience Questionnaire (UEQ) |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 02:16 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 02:16 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194291 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
SHANDRANUUR FAUZIAH NOVITASARI.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |