Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan dan Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Mediasi Pada Konsumen Ikan Kaleng Merek Maya di Banyuwangi Jawa Timur

Soneta, Favian Alfreda Islamey and Prof. Dr. Ir. Nuddin Harahab, MP (2022) Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan dan Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Mediasi Pada Konsumen Ikan Kaleng Merek Maya di Banyuwangi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Potensi sumberdaya perikanan di Indonesia cukup besar untuk dikembangkan, namun komoditi perikanan mudah mengalami kerusakan. Hal tersebut menjadi salah satu masalah karena dapat mengurangi nilai jual dari produk perikanan sehingga diperlukan solusi untuk mengatasinya. Salah satu solusi yang sering digunakan adalah dengan cara pengalengan. Pengalengan merupakan salah satu cara untuk menyelamatkan produk perikanan dari pembusukan dan memberikan nilai tambah pada produk perikanan. Dari berbagai macam merek ikan kaleng yang ada dipasaran dapat diketahui terdapat ikan kaleng merek Maya. Ikan kaleng merek Maya merupakan ikan kaleng yang diproduksi oleh PT. Maya Muncar yang berada di Banyuwangi dan telah dipercaya konsumen sejak tahun 1978 sampai sekarang. Produk ikan kaleng semakin marak dengan berbagai merek di pasaran membuat perusahaan perusahaan ikan kaleng saling bersaing untuk mendapatkan perhatian dari konsumen. Semakin banyaknya produk sejenis dengan berbagai macam merek tersebut dapat berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Hal tersebut yang mendasari peneliti untuk melakukan penelitian ini. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas secara langsung maupun tidak langsung. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara kuesioner sistem tertutup. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik Purposive Sampling. Data kuantitatif diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). SEM sendiri merupakan metode yang dapat digunakan untuk menjelaskan pengaruh dan hubungan antar variabel yang tidak mampu dijelaskan secara langsung. Dalam penelitian dengan SEM ini software yang digunakan oleh peneliti adalah SmartPLS Versi 3.0. Hasil dari penelitian ini adalah dari hasil data yang diolah dari responden yang berjumlah 85 orang. Karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin terbanyak adalah 45 responden berjenis kelamin laki-laki. Untuk usia terbanyak yaitu 37-45 tahun dengan jumlah 26 responden. Untuk pendidikan terakhir terbanyak yaitu perguruan tinggi dengan jumlah 53 responden. Untuk pekerjaan terbanyak yaitu PNS dengan jumlah 25 responden. Untuk pendapatan perbulan terbanyak yaitu Rp 1.000.000 3.500.000,- dengan jumlah 29 responden. Serta frekuensi konsumsi ikan kaleng maya adalah 1 kali setiap bulan dengan jumlah 43 responden. Hasil data yang telah diolah melalui pengujian secara langsung maupun tidak langsung dapat disimpulkan kualitas produk berpegaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Harga produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kualitas produk berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen. Harga produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Pengujian secara tidak langsung didapatkan hasil bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen. Harga produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil dan pembahasan, ada beberapa hal yang perlu diberi saran terhadap PT. Maya Muncar disarankan kedepannya untuk memberikan produk dengan kualitas sesuai keinginan konsumen seperti jumlah maupun ukuran ikan serta cita rasa saos yang diberikan untuk mendapatkan loyalitas konsumen dimana dengan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen maka akan menciptakan kepuasan dan konsumen yang puas cenderung akan menjadi loyal kepada produk perusahaan dan dapat memenangkan pasar ikan kaleng di Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522080130
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 16 Sep 2022 01:24
Last Modified: 16 Sep 2022 01:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194270
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Favian Alfreda Islamey Soneta.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item