Analisis Atas Pemaknaan Mahasiswa Tunanetra dalam Penggunaan Screen Reader pada Pemenuhan Kebutuhan Informasi di Universitas Brawijaya.

Vioristin, Gita and Dr. Fadillah Putra, S.Sos., M.Si., M.Paff. and Nurjati Widodo, S.AP., M.AP. (2021) Analisis Atas Pemaknaan Mahasiswa Tunanetra dalam Penggunaan Screen Reader pada Pemenuhan Kebutuhan Informasi di Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Informasi memegang peranan penting dalam kehidupan manusia, dan akan selalu bertambah dengan berjalannya waktu dan kegiatan yang dilakukan. Terlepas dari beragamnya kebutuhan informasi, pencari informasi pun beragam, tidak terkecuali bagi para penyandang disabilitas, terkhususnya mahasiswa disabilitas tunanetra. Dalam memenuhi kebutuhan informasi dengan berbagai keterbatasan yang ada, para mahasiwa tunanetra dapat menggunakan assistive technology atau teknologi pendamping, salah satunya adalah screen reader, yang mampu menampilkan suara atau ucapan dari setiap hal yang terdapat pada layar termasuk menu, teks dan tanda baca. Penelitian ini dilakukan di Pusat Studi dan Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya yang merupakan pusat penelitian tentang isu-isu disabilitas dan pemberian layanan bagi penyandang disabilitas di Universitas Brawijaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis lebih lanjut mengenai bagaimana pemaknaan dan keterkaitan mahasiswa tunanetra dalam penggunaan screen reader pada pemenuhan kebutuhan informasi yang diperlukan. Penelitian ini menggunakan penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Teknik pemilihan informan yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah skema analisis data pada studi fenomenologi dan keabsahan data yang digunakan yaitu teknik triangulasi.

English Abstract

Information plays an important role in human life, and will always increase over time and activities. Apart from the variety of information needs, information seekers are also diverse, including persons with disabilities, especially students with visual impairments. In fulfilling the information needs with various limitations, students with visual impairments can use assistive technology, one of which is a screen reader, which is able to display the sound or speech of everything on the screen including menus, text and punctuation marks. This research is located at Pusat Studi dan Layanan Disabilitas, Universitas Brawijaya, which is a research center on disability issues and service provision for students with disabilities in Universitas Brawijaya. The purpose of this research is to find out, describe and analyze further about how the meaning and relationship between students with visual impairments in the use of screen readers in fulfilling the required information needs. This research uses phenomenological research with a qualitative approach. The informant selection technique used was purposive sampling technique. The data analysis used was the data analysis scheme in the phenomenological study and the validity of the data used was the triangulation technique.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521030339
Uncontrolled Keywords: Informasi, Kebutuhan Informasi, Screen Reader, Mahasiswa Tunanetra, Disabilitas, Information, Information Needs, Screen Reader, Visually Impaired Students, Disabilities.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 15 Sep 2022 07:04
Last Modified: 15 Sep 2022 07:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194256
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520030301- Gita Vioristin.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item