Implementasi Program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang)

Nugraha, Ariyadi Reyhan and Dr. Drs. Muhammad Shobaruddin, MA and Dr. Drs. Siswidiyanto, MS (2021) Implementasi Program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu bentuk pelaksanaan pelayanan yang berada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yaitu pelayanan administrasif. Dalam rangka meningkatkan dan mewujudkan kesadaran akan administrasi kependudukan kepada masyarakat, pemerintah berupaya dengan mengadakan sosialisasi kebijakan kependudukan yaitu melalui program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA). Hadirnya implementasi program ini dikarenakan banyak masyarakat yang masih belum mengerti akan pentingnya dokumen administrasi kependudukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana implementasi program serta faktor pendukung dan penghambat yang terjadi dalam pelaksanaan program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini didasarkan pada teori implementasi menurut Jones (dalam Suryana, 2009:28) yang terdiri dari organisasi, interprestasi, dan penerapan atau aplikasi serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat yang terjadi dalam implementasi program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA). Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan

English Abstract

One form of service implementation at the Population and Civil Registration Service is administrative services. In order to increase and create awareness of population administration to the public, the government strives by disseminating population policies, namely through the Population Administration Conscious Indonesian Movement (GISA) program. The presence of this program implementation is because many people still do not understand the importance of population administration documents. The purpose of this study is to describe how the program implementation and the supporting and inhibiting factors that occur in the implementation of the Population Administration Conscious Indonesian Movement (GISA) program. The method used in this research is descriptive using a qualitative approach. The focus of this research is based on implementation theory according to Jones (in Suryana, 2009: 28) which consists of organizing, interpreting, and implementing or applying and describing the supporting and inhibiting factors that occur in the implementation of the Population Administration Conscious Indonesian Movement (GISA) program. While the data analysis techniques in this study were data collection, data condensation, data presentation and drawing conclusions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521030334
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Implementasi Program, GISA, Public Service, Program Implementation, GISA.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 14 Sep 2022 02:10
Last Modified: 14 Sep 2022 02:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194223
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520030293- Ariyadi Reyhan Nugraha.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item