Pengembangan E-Modul Berbasis Electronic Publication (EPUB) Menggunakan Model Pengembangan ADDIE pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar di SMK Negeri 4 Malang

Diofanu, Andre (2020) Pengembangan E-Modul Berbasis Electronic Publication (EPUB) Menggunakan Model Pengembangan ADDIE pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar di SMK Negeri 4 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini, adanya proses pembelajaran yang berlangsung di Kelas X Jurusan Multimedia SMK Negeri 4 Malang dimana proses pembelajaran hanya terpusat pada penjelasan guru yang menggunakan media power point dan siswa hanya mencatat apa yang dijelaskan oleh guru ke dalam buku catatan. Penyampaian konsep pemrograman akan sangat susah apabila dilakukan dengan metode ceramah maupun media yang statis. Siswa membutuhkan panduan yang dapat membantu dalam meningkatkan pemahaman. Model pengembangan yang dijadikan dasar adalah model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick & Carry (1996) yang dimodifikasi oleh Molenda. ADDIE merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluations. Model ini dipilih karena model ADDIE sering digunakan untuk menggambarkan pendekatan sistematis. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes berupa soal Pre Test dan Post Test untuk pengetahuan siswa dan menggunakan praktikum untuk keterampilan siswa. Teknik pengolahan data menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Uji Wilcoxon untuk melakukan uji hipotesis berdasarkan data penelitian yang diperoleh. Hasil dari proses analisis menunjukkan bahwa pengembangan E-Modul sangat diperlukan karena kurangnya media pembelajaran yang dapat mendukung proses pembelajaran. Hasil dari proses desain adalah rancangan awal dan rancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Hasil dari proses pengembangan adalah berupa video pendukung E-Modul, realisasi E-Modul dengan kode program, dan hasil validasi para expert mengenai materi, media, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan soal pre test post test dimana mendapatkan hasil rata-rata valid. Hasil dari proses implementasi adalah berupa nilai hasil pre test dan post test siswa. Hasil dari proses evaluasi menunjukkan efektivitas yang tinggi. Selain itu hasil proses evaluasi juga menunjukkan efisiensi yang tinggi berdasarkan hasil rata-rata angket respon siswa yang bernilai 82,77 persen.

English Abstract

The purpose of this research is to ameliorate the ongoing learning process in Class X, Department of Multimedia at the State Vocational School 4 Malang, that is focused on the teacher-centered approach, whereby the teacher is actively involved in sharing information using power media, and the learners are in a receptive mode and only notes down everything. Submitting the concept of programming will be very difficult if done with lecture methods and static media. Students need a guidance that can improve their understanding. The basic development model is the ADDIE model developed by Dick & Carry (1996) and modified by Molenda. ADDIE stands for Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluations. This model was chosen because the ADDIE model is often used to describe a systematic approach. The data collection techniques involve instruments in the form of questions Pre Test and Post Test for student knowledge and use practicum for student skills. Data processing techniques using the Kolmogorov-Smirnov Test and Wilcoxon Test to test hypotheses based on research data obtained. The results of the analysis process show that the development of E-Modules is needed due to the lack of learning media that can support the learning process. The results of the design process are the initial design and the draft Learning Implementation Plan. The results of the development process are in the form of video supporting E-Modules, realization of the E-Modules with program code, and the results of the validation of experts on the material, media, Learning Implementation Plan, and pre test post test questions where getting valid average results. The results of the implementation process are in the form of students' pre- test and post-test scores. The results of the evaluation process show high effectiveness. In addition, the results of the evaluation process also showed high efficiency based on the results of the average student response questionnaire which was worth 82.77 percent

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520150426
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, ADDIE, E-Modul, Media Pembelajaran.,Development, ADDIE, E-Modules, Learning Media
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 13 Sep 2022 02:19
Last Modified: 04 Oct 2024 06:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194175
[thumbnail of ANDRE DIOFANU.pdf] Text
ANDRE DIOFANU.pdf

Download (10MB)

Actions (login required)

View Item View Item