Analisis Pengendalian Internal Pada Sistem Program Pelayanan BBM Untuk Operasional Kendaraan (Studi Kasus Pada Unit General Affair And Assets di PT. SEMEN INDONESIA TUBAN PLANT Tbk)

Haryadha, Pandu Ilham and Dr. Drs. Dwiatmanto, M.Si. (2021) Analisis Pengendalian Internal Pada Sistem Program Pelayanan BBM Untuk Operasional Kendaraan (Studi Kasus Pada Unit General Affair And Assets di PT. SEMEN INDONESIA TUBAN PLANT Tbk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kegiatan produksi yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia dalam mencapai kemakmuran, terlebih pada perusahaan industri yang terfokus pada bidang usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pelayanan BBM yang dijalankan dan melakukan peningkatan pengendalian internal pada sistem program pelayanan serta pengeluaran kas pada Unit General Affair and Assets di perusahaan PT. Semen Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan di PT. Semen Indonesia Tuban Plant khususnya pada Unit General Affair And Assets. Teknik pengumpulan data yang dilakukan lebih menekankan wawancara, observasi dan dokumentasi yang mempelajari dokumen berupa laporan kas keluar dan juga rekapitulasi tiap minggu Unit General Affair And Assets di PT. Semen Indonesia Tuban Plant. Pada penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan cross section analysis yang meneliti suatu fenomena tertentu dalam satu kurun waktu saja. Penelitian ini meneliti dan mengelompokan keuangan serta menyusun beberapa bagan alir yang menunjukkan proses pelayanan BBM untuk operasional kendaraan Unit General Affair And Assets dengan menganalisis pengeluaran kas dan laporan rencana dan realisasi dari anggaran. Selain hal tersebut penelitian ini juga menganalisis struktur organisasi dan sistem program pelayanan BBM Unit General Affair And Assets untuk menganalisis pengendalian internal serta praktik sehat dalam melaksanakan tugas dan fungsi setiap elemen dalam organisasi.

English Abstract

Production activities aimed at meeting human needs in achieving prosperity, especially at industrial companies that focus on the business sector. The purpose of this study was to determine the fuel service system that is being run and to improve internal control in the service program system and cash disbursements at the General Affairs and Assets Unit at PT. Semen Indonesia. This type of research used in this research is descriptive research with a qualitative approach. The location of data collection in this study was conducted at PT. Semen Indonesia Tuban Plant, especially in the General Affairs and Assets Unit. The data collection technique emphasizes interviews, observation and documentation studying documents in the form of cash out reports and also weekly recapitulation for General Affairs and Assets Unit at PT. Semen Indonesia Tuban Plant. In this study, using a descriptive analysis method with cross section analysis that examines a certain phenomenon in one time. This study examines and classifies finances and compiles several flow charts that show the fuel service process for General Affairs and Assets Unit vehicle operations by analyzing cash disbursements and reports on plans and budget realization. Apart from this, this research also analyzes the organizational structure and system of the BBM service program for the General Affairs and Assets Unit to analyze internal control and healthy practices in carrying out the duties and functions of each element in the organization.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521030320
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Internal, Sistem, dan Program, Internal Control, Systems and Programs.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 09 Sep 2022 02:11
Last Modified: 09 Sep 2022 02:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194113
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520030269- Pandu Ilham Haryadha.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item