Mufidha, Sabrina (2020) Identifikasi Peran Hak Merek Dalam Hubungan Kontrak Informal (Studi Pada Sentra Industri Brem Kabupaten Madiun). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model kontrak informal yang terbentuk antara produsen kecil dan produsen besar, model kontrak informal yang terbentuk antara produsen besar dan distributor, model kontrak informal yang terbentuk antara produsen besar dan agen, model kontrak informal yang terbentuk antara distributor dan agen, serta implikasi yang terjadi dari terbentuknya kontrak informal. Penelitian dilakukan pada Sentra industri brem Desa Kaliabu Kabupaten Madiun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dimana yang menjadi informan penelitian adalah produsen, agen, distributor, dan pemerintah atau aparatur sipil negara setempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Dalam model kontrak informal yang terbentuk antara produsen kecil dan produsen besar adalah Supplier dimana merek sangat penting bagi usaha produsen besar. 2). Model kontrak informal yang terbentuk antara produsen besar dan distributor adalah Supplier dimana merek sangat penting bagi usaha distributor. 3). Model kontrak informal yang terbentuk antara produsen besar dan agen adalah Reseller dimana merek sangat penting bagi usaha produsen besar. 4) Model kontrak informal yang terjalin antara distributor dan agen adalah Reseller dan Dropshipper dimana merek sangat penting bagi usaha distributor 5). Implikasi yang terjadi dari terbentuknya kontrak informal adalah mata rantai tata niaga menjadi sangat panjang. Selain itu, kontrak informal tersebut mengakibatkan terbentuknya struktur pasar persaingan tidak sempurna yaitu pasar oligopoly dan oligopsoni.
English Abstract
-
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.8/MUF/i/2020/042002840 |
Uncontrolled Keywords: | Kontrak Informal, Praktek Oligopoli, Praktek Oligopsoni. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 01:50 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 07:47 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194108 |
Text
fix-Sabrina Mufidha.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |