Pengaruh Hubungan Parasosial, Kredibilitas Influencer, Dan Kredibilitas Merek Terhadap Purchase Intention Pada Produk Endorsement Dalam Instagram (Studi Pada Mahasiswa/I S1 Universitas Brawijaya Malang)

Taruna, Khemal Thareq Putra and Risca Fitri Ayuni,, SE., MM., MBA (2021) Pengaruh Hubungan Parasosial, Kredibilitas Influencer, Dan Kredibilitas Merek Terhadap Purchase Intention Pada Produk Endorsement Dalam Instagram (Studi Pada Mahasiswa/I S1 Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh variabel hubungan parasosial, kredibilitas influencer, dan kredibilitas merek terhadap purchase intention pada produk endorsement dalam Instagram. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan explanatory research yang menjelaskan hubungan tiap variabel yang diteliti. Sampel yang digunakan berjumlah 140 orang yang merupakan Mahasiswa/i S1 Aktif Universitas Brawijaya Malang yang menggunakan Instagram dan mengikuti satu atau lebih influencer di dalamnya. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang kemudian datanya diolah menggunakan IBM SPSS Statistics ver. 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel hubungan parasosial dan kredibilitas influencer secara parsial berpengaruh signifikan positif terhadap purchase intention, sementara variabel kredibilitas merek secara parsial berpengaruh signifikan negatif terhadap purchase intention pada produk endorsement dalam Instagram.

English Abstract

This research objective are to asses and understanding the effect of parasocial relationship, influencer credibility, and brand credibility on the purchase intention of endorsement product from Instagram. Quantitative and explanatory research are used to explain the relationship between variables in this study. This study uses 140 respondents from undergraduate students of Universitas Brawijaya Malang who use Instagram and following one or more influencers. Sample was collected using non- probability sampling and purposive method through distributing questionnaires. The questionnaires data was processed using IBM SPSS Statistics ver. 24. The results indicate that partially both of parasocial relationship and influencer credibility has a positive significant influence on purchase intention, and on the other and brand credibility partially has a negative significant influencer on purchase intention of endorsement product on Instagram

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521020450
Uncontrolled Keywords: Hubungan Parasosial, Kredibilitas Influencer, Kredibilitas Merek, Purchase Intention, arasocial Relationship, Influencer Credibility, Brand Credibility, Purchase Intention
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 09 Sep 2022 01:46
Last Modified: 09 Sep 2022 01:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194107
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
KHEMAL THAREQ PUTRA TARUNA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item