Pengaruh Minat Belajar, Gaya Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Kelas X Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK PGRI 2 Malang

Agus Sasmita, Dian (2020) Pengaruh Minat Belajar, Gaya Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Kelas X Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK PGRI 2 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas x SMK PGRI 2 Malang yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar, gaya belajar, dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar siswa kelas x pada mata pelajaran dasar desain grafis di SMK PGRI 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto dengan tujuan untuk mencari hubungan sebab akibat tentang variabel yang diteliti untuk mencapai kesimpulan dari penelitian. Teknik pengambilan data minat belajar dan gaya belajar menggunakan kuesioner dan kemampuan berpikir kreatif menggunakan asesmen. Sedangkan hasil belajar siswa dari nilai akhir siswa semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan dan Multimedia SMK PGRI 2 Malang. Hasil penelitian ini tentang pengaruh minat belajar, gaya belajar, dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar kelas X mata pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK PGRI 2 Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan minat belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signifikasi 0,668 > 0,05. Gaya belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signifikasi 0,272 > 0,05. Kemampuan berpikir kreatif tidak berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signfikasi 0,643 > 0,05. Minat belajar, gaya belajar, dan kemampuan berpikir kreatif tidak berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signifikasi 0,72 > 0,05.

English Abstract

This research is motivated by the learning outcomes of Grade X SMK PGRI 2 Malang which is less maximum. This research aims to determine the influence of learning interest, learning style, and creative thinking skills towards students ' learning outcomes in the basic graphic design of SMK PGRI 2 Malang. The study used a quantitative approach with the expost facto research type with the aim of seeking a causal relationship about the variables examined to achieve the conclusion of the study. The technique of capturing learning interests and learning styles uses questionnaires and creative thinking skills using assessment. As for students ' student outcomes from the final semester of the school year Odd 2020/2021. The samples in this study were students of Grade X Computer Engineering Network and Multimedia SMK PGRI 2 Malang. The results of this study on the influence of learning interest, learning style, and creative thinking skills towards learning outcomes of grade X subjects of basic graphic design at SMK PGRI 2 Malang. The results of this study showed that interest in learning had no effect on learning outcomes with a significant value of 0.668 > 0.05. Learning style has no effect on learning outcomes with a significant value of 0.272 > 0.05. Creative thinking skills have no effect on learning outcomes with signification value 0.643 > 0.05. Learning interests, learning styles, and creative thinking skills have no effect on learning outcomes with a significant value of 0.72 > 0.05

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520150423
Uncontrolled Keywords: minat belajar, gaya belajar, kemampuan berpikir kreatif, hasil belajar, dasar desain grafis
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 08 Sep 2022 07:21
Last Modified: 08 Sep 2022 07:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194089
[thumbnail of DALAM MASAEMBARGO] Text (DALAM MASAEMBARGO)
Dian Agus Sasmita.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item