Memahami Komunikasi Antara Teman Dan Intensitas Penggunaan Instagram Sebagai Respons Terhadap Pembelian Impulsif (Studi pada pengguna Instagram di Indonesia)

Assadam, Elvina and Dr. Sumiati, SE., M,Si., CRSS., CFP . and Prof. Dr. Djumilah Hadiwidjojo, SE. (2019) Memahami Komunikasi Antara Teman Dan Intensitas Penggunaan Instagram Sebagai Respons Terhadap Pembelian Impulsif (Studi pada pengguna Instagram di Indonesia). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sejak Instagram menjadi fenomena di dunia ini dan menjadi segmen baru dalam bisnis yang disebut Instagram commerce (Ig-commerce), penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi sebaya dan intensitas penggunaan memicu dorongan untuk membeli impulsif dan pembelian impuls online dengan mengikuti respons stimulus organisme (SOR) ). Data dikumpulkan dengan survei online dari 90 pelanggan yang pernah membawa di Instagram lebih dari 3 kali dan dianalisis menggunakan partial least square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari intensitas penggunaan dan keinginan untuk membeli secara impulsif dari pembelian impuls online, tetapi yang menarik, yaitu tidak adanya efek langsung dari komunikasi rekan terhadap pembelian impuls online; sementara saat dimediasi dengan dorongan pembelian ada efek yang signifikan terhadap pembelian impuls online. Temuan penelitian dapat berkontribusi baik untuk teori SOR pada bidang online dan untuk para stake holder di Instagram.

English Abstract

Since Instagram become phenomenon in this world and become new segment in business called Instagram commerce (Ig-commerce), this study aimed to know how peer communication and usage intensity trigger urge to buy impulsively and online impulse buying by following the stimulus organism response (SOR) paradigm. Data was collected by online survey from 90 customers who ever brought at Instagram more than 3 times and analyzed using partial least square (PLS). The result showed that there is significant effect of usage intensity and urge to buy impulsively of online impulse buying, but interestingly, we found that there is no direct effect of peer communication of online impulse buying; while indirect there is significant effect of online impulse buying. The research finding can contribute well to bosh the theorist as well as the practice.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.872/ASS/m/2019/041905790
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI: pembelian impuls online, komunikasi rekan, dorongan untuk membeli, intensitas penggunaan, Instagram, Ig-commerce
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.872 Telemarketing and direct marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: yulia Chasanah
Date Deposited: 08 Sep 2022 04:28
Last Modified: 08 Sep 2022 04:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194076
[thumbnail of ELVINA ASSADAM.pdf] Text
ELVINA ASSADAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item