r Riando, Raesulli Kautsa (2020) Pengembangan Aplikasi Peta Interaktif Tiga Dimensi Studi Kasus Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penggunaan aplikasi virtual sebagai pengganti berbagai hal pada dunia nyata semakin marak dilakukan dengan semakin berkembangnya teknologi. Dikarenakan terdapat berbagai kelebihan dari alternatif virtual dari berbagai hal yang ada pada dunia asli, maka diperlukanlah representasi virtual dari area FILKOM UB. Representasi virtual dari area FILKOM UB berbentuk peta virtual 3D. Pada area virtual FILKOM UB didapati berbagai obyek yang membuat representasi virtual semakin realistis dan menambahkan informasi kepada pengguna. Aplikasi peta virtual memiliki dua mode interaktif yaitu mode eksplorasi dan mode peta 3D. Dengan adanya dua mode maka pengguna mendapatkan kebebasan untuk merasakan representasi virtual dari area FILKOM UB. Pengembangan aplikasi peta virtual dibagi menjadi tahap pengumpulan data, analisis, perancangan, dan implementasi. Peta virtual dari FILKOM UB dibuat dengan menggunakan game engine Unity3D, pemilihan game engine berdasarkan kebutuhan dari aplikasi yang tidak banyak dan kemampuan Unity3D untuk menampilkan grafis yang realistis. Obyek yang terdapat pada aplikasi dibuat menggunakan aplikasi blender3D. Aplikasi dijalankan pada komputer desktop maupun laptop, hal ini dipilih karena keterbatasan ukuran dari perangkat mobile sehingga fungsi aplikasi tidak dapat berjalan dengan maksimal. Hasil pengujian dari aplikasi menunjukkan bahwa aplikasi dapat menjalankan kebutuhan fungsional dengan baik.
English Abstract
The increased usage of virtual applications as a replacement for many real world activities has risen significantly with the advance of technology. Due to the many benefits of virtual alternatives of real world activities, therefore rises the need of the development of a virtual representation of the FILKOM UB campus area. The visual representation of the FILKOM UB campus area takes shape in a 3D virtual map. The map has plenty of objects that enhances the realism of the virtual area, the objects also adds additional information to the map. The virtual map application contains two modes, an exploration mode and a 3D map mode. With the two modes, the user is able to more freely explore the virtual FILKOM UB campus area. The development of the virtual map application is split into stages such as data collection, analysis, design, and implementation. The virtual map application is made using the Unity3D game engine, the decision to choose this game engine is based on the relative simplicity of the application and the ability of the game engine to display realistic graphics. The objects used on the virtual map were made in blender3D. The application runs on desktop and laptop computers, this decision was chosen because of the limitation of mobile devices hampering the functionality of the application. Testing results shows the application was able to complete all the functional requirements with great results
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520150300 |
Uncontrolled Keywords: | 3D, lingkungan virtual, peta interaktif, Unity3D.,3D, virtual environment, interactive map, Unity3D |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 07:58 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 06:12 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194028 |
Text
Raesulli Kautsar Riando.pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |