Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Pemesanan Tiket Bioskop Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dan Heuristic Evaluation (HE

Siti Nabila Putri Fasabuma, Raden (2020) Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Pemesanan Tiket Bioskop Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dan Heuristic Evaluation (HE. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hiburan merupakan hal yang penting bagi masyarakat untuk melepas penat, salah satunya dengan menonton film di bioskop. Dengan teknologi yang semakin canggih, saat ini kita tidak perlu mengantre untuk memesan tiket bioskop dan menunggu iklan di televisi terkait film yang ingin ditonton melainkan bisa melalui aplikasi. Cinépolis Indonesia dan Cinema 21 merupakan aplikasi yang menyediakan layanan tersebut. Cinépolis Indonesia yang baru memperbaharui aplikasinya, sebelumnya mendapat ulasan yang kurang baik terkait tampilan serta kenyamanan pengguna pada saat menggunakannya dan masih kurang eksis dibandingkan dengan Cinema 21. Namun, suatu aplikasi tidak bisa dinilai dari eksistensinya saja, aplikasi tersebut harus menyajikan hal yang bisa membuat nyaman penggunanya dalam menggunakan sehingga perlu diadakan evaluasi satu sama lain. Guna mengetahui seberapa baik tingkat pengalaman pengguna aplikasi serta mengidentifikasi permasalahan yang ditemukan pada aplikasi yang di evaluasi, yaitu aplikasi Cinépolis Indonesia dan Cinema 21. Pengukuran pengalaman pengguna diukur dengan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dimana 25 responden mengisi kuesioner UEQ. Untuk penemuan masalah dilakukan dengan menggunakan metode evaluasi heuristik oleh evaluator yang dipilih. Dari data yang didapat, untuk hasil UEQ aplikasi Cinépolis Indonesia memiliki rata-rata skala UEQ yang netral/normal karena semua skalanya berada pada rentang -0.8 sampai 0.8. Sedangkan untuk hasil UEQ aplikasi Cinema 21 cendurung positif rata-rata skala UEQ yang didapat melebihi 0.8. Untuk hasil evaluasi heuristik, ada 15 permasalahan usability yang ditemukan pada aplikasi Cinépolis Indonesia serta 8 permasalahan pada aplikasi Cinema 21 sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua metode memperoleh hasil yang sama yakni Cinema 21 lebih unggul dari segi pengalaman penggunanya.

English Abstract

Entertainment is important for the public, one of which is by watching movies in theaters. With the increasingly sophisticated technology, now we do not need to queue to order cinema tickets and wait for advertisements on television related to the film you want to watch but can be through the application. Cinépolis Indonesia and Cinema 21 are applications that provide these services. Cinépolis Indonesia, which has just renewed its application, previously received poor reviews regarding the appearance and comfort of the user when using it and is still lacking compared to Cinema 21. However, an application cannot be judged by its existence alone, the application must present things that can make it comfortable users in using so that it is necessary to evaluate each other. To find out how well the application user experience level is and identify the problems found in the application being evaluated, namely the Cinépolis Indonesia and Cinema 21 applications. Measurement of user experience is measured using the User Experience Questionnaire (UEQ) where 25 respondents fill out the UEQ. To find the problem is done using the heuristic evaluation method by the selected evaluator. From the data obtained, for the UEQ results the Cinépolis Indonesia application has an average neutral/normal UEQ scale because all the scales are in the range of -0.8 to 0.8. Whereas for the UEQ results Cinema 21 application tends to be positive on average, the UEQ scale obtained exceeds 0.8. For the heuristic evaluation results, there are 15 usability problems found in the Cinépolis Indonesia application and 8 problems in the Cinema 21 application so that it can be concluded that both methods obtain the same results namely Cinema 21 is superior in terms of user experience

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520150299
Uncontrolled Keywords: user experience (UX), usability, user experience questionnaire (UEQ), heuristic evaluation.,user experience (UX), usability, user experience questionnaire (UEQ), heuristic evaluation
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 07 Sep 2022 07:52
Last Modified: 01 Oct 2024 01:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194027
[thumbnail of Raden Siti Nabila Putri Fasabuma.pdf] Text
Raden Siti Nabila Putri Fasabuma.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item