Pengembangan Aplikasi Berbasis Android untuk Pemantauan Masalah dalam Kegiatan Praktik Kerja Industri di SMK Negeri 2 Malang Berdasarkan Model Extreme Programming (LAPAN)

Nuha Ardhana, Naufal (2020) Pengembangan Aplikasi Berbasis Android untuk Pemantauan Masalah dalam Kegiatan Praktik Kerja Industri di SMK Negeri 2 Malang Berdasarkan Model Extreme Programming (LAPAN). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kegiatan Praktik Kerja Industri yang kemudian disebut dengan PRAKERIN merupakan satu program dimana siswa melakukan pekerjaan di industri secara langsung. Program ini dilaksanakan oleh seluruh Sekolah Menengah Kejuruan, termasuk SMK Negeri 2 Malang. Namun, selama PRAKERIN berlangsung, pihak SMK Negeri 2 Malang tidak dapat melakukan pemantauan setiap hari. Hal ini menyebabkan siswa dikembalikan ke sekolah akibat terlambatnya penanganan masalah. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, dibutuhkan aplikasi pemantauan PRAKERIN yang mudah untuk digunakan. Dalam mengembangkan aplikasi, peneliti menggunakan metode Extreme Programming yaitu metode pengembangan perangkat lunak dimana perencanaan, perancangan, implementasi, dan pengujian mengalami perulangan sehingga memungkinkan dilakukan perubahan dalam proses pengembangan. Penelitian ini terdiri atas dua iterasi dan melibatkan empat orang aktor yaitu Admin yang dapat mengelola pengguna dan kelompok, Guru yang dapat melakukan pemantauan masalah dan presensi siswa, Pembimbing yang dapat melakukan pelaporan masalah dan konfirmasi presensi siswa, dan Siswa yang dapat mengetahui masalah dan mengajukan presensi. Pada iterasi ke-1, hasil Black-Box Testing menunjukkan bahwa aplikasi memiliki 23 fungsional valid dengan tingkat validitas 100%. Sedangkan hasil User Acceptance Test jenis Usability menunjukkan bahwa aplikasi memiliki tingkat kemudahan sebesar 87,50%. Sedangkan pada iterasi ke-2, hasil Black-Box Testing menunjukan bahwa tambahan 8 fungsional valid dengan tingkat validitas 100% sehingga total fungsional valid menjadi 31 fungsional. Sedangkan hasil User Acceptance Test jenis Usability menunjukkan bahwa tingkat kemudahan mengalami peningkatan sebesar 0,96% sehingga tingkat kemudahan aplikasi menjadi 88,46%. Berdasarkan hasil analisis Black-Box Testing pada iterasi ke-1 dan iterasi ke-2, dapat disimpulkan bahwa aplikasi berhasil dikembangkan dengan tingkat validitas sebesar 100%. Karena fungsional yang dapat mengelola masalah serta presensi terbukti valid, maka dapat dikatakan bahwa kegiatan pemantauan masalah selama PRAKERIN berhasil dipermudah. Sedangkan dari segi kemudahan yang didasarkan oleh User Acceptance Test jenis Usability pada iterasi ke-1 dan iterasi ke-2, dua fungsional masih belum maksimal, namun aplikasi memiliki tingkat kemudahan sebesar 88,46% yaitu sangat mudah digunakan.

English Abstract

Industrial Internship (hereinafter referred to as "PRAKERIN") is a program in which students experience hands-on industrial works. This program is held by every Vocational Highschools, including SMK Negeri 2 Malang. However, the school is can not monitor this program everyday. This results in students being sent back to the school due to the lateness of problem solving. To solve these problems, a user- friendly PRAKERIN monitorial application is needed. In the effort to develop this application, the researcher applies the Extreme Programming Method, a software development method in which the plannings, designings, implementations and trials are repeated, making it possible to conduct modifications during developmental process. This research consists of two iterations involving four actor that is Admin who can manage users and groups, Teacher who can monitor student’s problems and attendance, Preceptor who can report student’s problem and confirming their attendance, and Student who can see their problem and add their attendance. In the first iteration, Black-Box Testing showed that application has 23 valid functionals with validity rate on 100%. At the same time, Usability type User Acceptance Test showed that application has usability rate on 87,50%. In the second iteration, Black-Box Testing showed that additional 8 valid functionals with validity rate on 100% resulting a total of 31 valid functionals. At the same time, Usability type User Acceptance Test showed that application got a 0,96% increase in the usability rate for a total of 88,46% usability rate. Basing on Black-Box Testing result analysis in the first and second iteration, it is concluded that the application has been successfully developed, with validity rate on 100%. Because the functional which manage problem and attendance is proven valid, it can be said that problem monitory activity in PRAKERIN is successfully made easy. At the same time on the usability aspect that based on Usability type User Acceptance Test in the first and second iteration, two functional is not yet at their best, but the application has usability rate on 88,46%, meanings that it is very easy to use

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520150279
Uncontrolled Keywords: praktik kerja industri, pemantauan masalah, android, extreme programming.,ndustrial internsip, problem monitoring, android, extreme programming
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 06 Sep 2022 06:50
Last Modified: 06 Sep 2022 06:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193985
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520150279-Naufal Nuha Ardhana.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item