Salsabila, Annisa Alsa and Prof. Dr. Ir. Nuddin Harahab, MP (2022) Pengaruh Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Mediasi Pada Merek Produk Cedea Seafood Di Bekasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tingginya pembelian produk frozen food membuat muncul banyak produk sejenis dan persaingannya semakin kompetitif. Perlunya penguatan brand image sehingga bisa tetap dicintai konsumennya salah satunya PT. Citra Dimensi Arthali dengan merek CEDEA Seafood. Tujuan (1) menganalisis signifikansi pengaruh dimensi citra merek terhadap kepuasan konsumen CEDEA Seafood di Bekasi, (2) menganalisis signifikansi pengaruh dimensi citra merek terhadap loyalitas pelanggan CEDEA Seafood di Kota Bekasi, (3) menganalisis signifikansi serta pengaruh langsung dan tidak langsung dimensi citra merek terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan CEDEA Seafood di Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatori. Kriteria sampel yang digunakan adalah konsumen CEDEA Seafood yang berdomisili di kota Bekasi dan minimal pernah membeli produk CEDEA seafood sebanyak dua kali dengan usia 17-55 tahun. Data primer dengan menggunakan kuisioner tertutup. Data sekunder didapatkan dari dokumen-dokumen dan penelitian sebelumnya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Uji yang digunakan adalah uji instrumen dan uji asumsi klasik. Analisis data yang digunakan regresi linear berganda dan analisis path. Hasil dari penelitian ini yaitu adanya pengaruh antara dimensi citra merek dengan loyalitas pelanggan melalui kepuasan konsumen. Dimensi citra merek yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen yaitu citra produk dan citra pemakai sedangkan citra pembuat tidak berpengaruh signifikan. Pengaruh dimensi citra merek terhadap loyalitas pelanggan yang signifikan pada variabel citra pemakai sedangkan citra produk dan citra pembuat tidak berpengaruh signifikan. Pengaruh dimensi citra merek terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi kepuasan konsumen yang signifikan adalah citra produk dan citra pemakai sedangkan citra pembuat tidak signifikan. Penelitian ini diharapkan bisa menjadi bahan pertimbangan dan bahan acuan penelitian selanjutnya serta menjadi acuan perusahaan untuk mempertahankan dan meningkatkan kepuasan konsumen karena bisa memediasi citra produk dapat meningkatkan loyalitas pelanggan . Penelitian ini juga sebagai informasi kepada pasar mengenai apa yang dibutuhkan konsumen terkait produk dan mampu menciptakan persaingan yang baik.
English Abstract
The high purchase of frozen food products makes many similar products appear, the competition is increasingly competitive. They need for strength the brand image so that it can still loved by consumers, one of which is PT. Image of Dimensi Arthali with CEDEA Seafood brand. Purpose (1) analyzing the significance of the influence of the brand image dimensions on CEDEA Seafood consumer satisfaction in Bekasi, (2) analyzing the significance of the influence of brand image dimensions on CEDEA Seafood consumer loyality in Bekasi City, (3 ) analyzed the significance and direct and indirect effect of brand image dimensions on customer loyalty mediated by CEDEA Seafood customer satisfaction in Bekasi City. This research uses explanatory research. The sample criteria used are CEDEA Seafood consumers who live in the city in Bekasi and have at least bought CEDEA seafood products twice, aged 17-55 years. Primary data using a closed questionnaire. Secondary data obtained from documents and previous research. The data collection method used is a questionnaire. The tests used instrument and classical assumption tests. Data analysis used multiple linear regression and path analysis. The result of this research is that there is an influence between the dimensions of brand image and customer loyalty through customer satisfaction. The dimensions of brand image that have a significant effect on consumer satisfaction are product image and user image, while the image of the maker has no significant effect. The influence of the dimensions of brand image on customer loyalty is significant on the user image variable, while the product image and the image of the maker have no significant effect. The influence of the dimensions of brand image on customer loyalty mediated by significant customer satisfaction is product image and user image while the image of the maker is not significant. This research is expected to be a material for consideration and reference for further research as well as a reference for companies to maintain and increase customer satisfaction because it can mediate product image to increase customer loyalty. This research also serves as information to the market about what consumers need regarding products and is able to create good competition.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522080087 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing) |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 03:37 |
Last Modified: | 06 Sep 2022 03:37 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193978 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Annisa Alsa Salsabila.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |