Analisis Kinerja Ombudsman RI Dalam Penyelesaian Laporan Maladministrasi Pelayanan Publik Di Indonesia (Studi Pada Ombudsman RI).

Putra, Try and Prof. Dr. Sjamsiar Sjamsuddin and Mochamad Chazienul Ulum, S.Sos., MAP. (2020) Analisis Kinerja Ombudsman RI Dalam Penyelesaian Laporan Maladministrasi Pelayanan Publik Di Indonesia (Studi Pada Ombudsman RI). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas pentingnya suatu organisasi dalam melakukan penyelenggaraan pelayanan publik dengan menangani laporan maladministrasi pelayanan publik. Ombudsman Republik Indonesia mempunya tugas dan fungsi melakukan pencegahan dan pengawasan maladministrasi penyelenggaraan pelayanan publik di Indonesia. Penelitian ini mengkaji terkait kinerja Ombudsman RI dalam penyelesaian laporan maladministrasi pelayanan publik di Indonesia. Secara persentase penyelesaian laporan ditahun 2015-2018 telah mengalami kenaikan, namun disatu sisi masih terdapatnya laporan masyarakat mengenai maladmnistrasi pelayanan publik yang belum terselesaikan oleh Ombudsman RI. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis kinerja Ombudsman RI dalam penyelesaian laporan maladministrasi pelayanan publik di Indonesia. Penelitian ini menggunakan peneltian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus dari penelitian ini adalah indikator kinerja yang terdiri dari tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumen. Analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah model analisis data John W. Cresswell yang dimulai dari mempersiapkan data, membaca keseluruhan data, meng-coding data, mendeskripsikan, dan menginterpretasi data.

English Abstract

This research was conducted on the importance of an organization in carrying out public service delivery by handling public service maladministration reports. The Ombudsman of RI has the duty and function of carrying out the prevention and supervision of maladministration of the administration of public services in Indonesia. This study examines the performance of Ombudsman of RI in completing public service maladministration reports in Indonesia. The percentage of report completion in 2015-2018 has increased, but on the other hand there are still reports from the public regarding the maladmnistration of public services that have not been resolved by the Ombudsman of RI. The purpose of this study is to find out, describe, and analyze the performance of the Ombudsman of RI in completing reports on public service maladministration in Indonesia. This research uses descriptive research with a qualitative approach. The focus of this research is performance indicators consisting of tangibles, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. Data collection techniques used in this study were interviews, observation, and documents. Analysis of the data used by researchers is a John W. Cresswell data analysis model that starts from preparing data, reading the entire data, coding data, describing, and interpreting data.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520030245
Uncontrolled Keywords: Analisis Kinerja, Ombudsman RI, Laporan Maladministrasi, Pelayanan, Performance Analysis, Ombudsman of RI, Reports on Administration, Services.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 06 Sep 2022 01:58
Last Modified: 08 Oct 2024 07:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193966
[thumbnail of Try Putra.pdf] Text
Try Putra.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item